204 Ketua LPM dari 25 Kecamatan Kabupaten Asahan Ikuti Orientasi Tupoksi


Kamis, 08 April 2021 - 06:32:04 WIB
204 Ketua LPM dari 25 Kecamatan Kabupaten Asahan Ikuti Orientasi Tupoksi Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs John Hardi Nasution MSi mewakili Bupati Asahan membuka Orientasi Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). F: Humas Pemkab Asahan

RIAUIN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Asahan menggelar Orientasi Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa/Kelurahan di Aula Hotel Antariksa Kisaran, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta dapat membantu Pemerintah Desa dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan desa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M Azmy Ismail AP MSi saat menyampaikan laporannya.

Dikatakan, kegiatan orientasi dua angkatan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (7-8/4/2021) yang diikuti oleh 204 ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat tingkat desa/kelurahan dari 25 kecamatan.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya BSc pada pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs John Hardi Nasution MSi menyampaikan, dalam kegiatan ini para peserta akan dilatih dan dibimbing agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan. Hal ini penting guna mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat di desa.

"Untuk itu saya berharap agar saudara dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker ketika beraktivitas, menghindari kerumunan dan menjaga jarak selama kegiatan ini berlangsung," kata Bupati.

Ditambahkan Bupati, dia berharap kepada panitia penyelenggara dan narasumber, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga proses orientasi tugas LPM dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan memberikan kartu tanda peserta secara simbolis.

Adapun sejumlah narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M Azmy Ismail AP MSi yang membahas materi Program Dinas PMD Tahun 2021; Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Saprin Hutahean dengan materi penanggulangan Covid-19 di desa/kelurahan; Kepala Seksi Pendapatan Aset Desa Richa Sofya materi peranan LPM dalam bidang penganggaran, pemanfaatan dan pengawasan dana desa/kelurahan; Kepala Bidang Ekonomi Masyarakat dan TTG Dinas PMD Kabupaten Asahan Muad Fauzi Lubis dengan materi peran serta LPM dalam bidang ekonomi desa/kelurahan;
Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Masyarakat Dinas PMD Kabupaten Asahan Hj Sri Humiatsih SE dengan materi tugas dan fungsi LPM. - KARMILA