Soal Sampah di Pekanbaru, Plt Kadis: Sudah Lancar Tapi Belum Optimal


Selasa, 13 April 2021 - 05:43:52 WIB
Soal Sampah di Pekanbaru, Plt Kadis: Sudah Lancar Tapi Belum Optimal Marzuki, Plt Kadis LHK Pekanbaru

RIAUIN.COM - Proses pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru saat ini, khususnya di zona satu dan dua, oleh pihak ketiga sudah mulai lancar, namun secara harapan belum optimal. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Marzuki, di Pekanbaru Senin (12/4/2021).

Pengangkutan sampah untuk wilayah zona satu dilakukan oleh PT Godang Tua Jaya, sedangkatn untuk zona dua PT Samhana Indah.

"Alhamdulillah, secara proses pengerjaan pengangkutan sampah sudah berkerja dengan baik. Sekarang tumpukan sampah sudah mulai berkurang, tapi memang belum optimal," ucapnya, Senin (12/4/2021).

Menurut Marzuki, pihak ketiga masih butuh penyesuaian melakukan pengangkutan sampah sejak kontrak kerjasama ditandatangani Maret lalu. "Masih adanya sampah yang belum terangkut, karena mereka kan masih masa penyesuaian. Tumpukan sampah sebelumnya kan masih banyak," ujarnya.

Dikatakan, penyesuaian juga diperlukan lantaran pihak ketiga tidak hanya mengangkut sampah di pinggir jalan, tapi juga masuk ke pemukiman warga untuk mengambil sampah dari rumah tangga masyarakat. "Sekarang pengangkutan sampahnya sudah mulai masuk ke perumahan. Karena semuanya sudah dikontrakkan kepada mereka, jadi mereka yang ambil," tutupnya. - gha/pku