Terletak di Ring of Fire, Jokowi Ingatkan Masyarakat Harus Tetap Waspada


Senin, 12 April 2021 - 15:55:46 WIB
Terletak di Ring of Fire, Jokowi Ingatkan Masyarakat Harus Tetap Waspada Gempa Malang, insert Jokowi/foro:scr

RIAUIN.COM - Presiden Jokowi mengunjungi memberikan keterangan pers terkait musibah gempa magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam keterangannya, Jokowi menghimbau seluruh rakyat Indonesia, terutama di daerah yang terdampak bencana agar selalu waspada, karena letak Indonesia yang berada di Ring of Fire membuat sebagian besar wilayah Indonesia rentan Bencana alam.

“Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah Ring of Fire, diwilayah cincin api, oleh karena itu aktifitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan yang lain-lainnya”, ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota untuk terus menghimbau masyarakat untuk mempererat kerjasama dan meningkatkan kesiap siagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana.

Perlu diketahui, BPBD Jatim menyebut ada 43 orang dampak gempa Malang. Mereka korban luka ringan, sedang, berat hingga meninggal dunia. Di Kabupaten Lumajang, korban meninggal ada 5 orang, korban luka ringan ada 12 orang. Kemudian korban luka sedang ada 2 orang dan korban luka berat ada 1 orang.

Sebelumnya, gempa susulan berpusat di Malang berkekuatan M 5,5 Minggu (11/4/2021). Gempa susulan ini terjadi 10 kali, setelah sebelumnya ada gempa di Malang, Sabtu (10/4/2021). Gempa bumi tak hanya terasa di Malang, melainkan hingga di beberapa daerah di Jatim dan terdapat korban. -dani