Kunjungi Kelompok Tani, Ketua Komisi II DPRD Inhu Panen Madu Kelulut


Jumat, 09 April 2021 - 13:26:43 WIB
Kunjungi Kelompok Tani, Ketua Komisi II DPRD Inhu Panen Madu Kelulut Dodi mencaba panen madu kelulut./foto:argus.

RIAUIN.COM - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu) Dodi Irawan berkunjung ke Kelompok Taruna Tani Mekar Sari di Dusun Tanjung, Desa Baturjal Hulu, Kecamatan Peranap.

Dalam kunjungan itu, Dodi berkesempatan mencoba proses memanen madu kelulut yang dikelola kelompok tani tersebut.

"Usaha ini sangat bagus dikembangkan petani di Inhu. Selain bernilai ekonomis, manfaat madu juga sangat bagus untuk kesehatan. Saya tertarik untuk mencoba usaha madu kelulut ini," kata Dodi, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, Petugas Penyuluh Pertanian Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Peranap Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Zoelhanafiah menyambut baik kunjungan anggota DPRD Inhu itu.

"Terima kasih atas kunjungan Pak Ketua Komisi II DPRD Inhu ke kelompok tani, semoga kunjungan ini dapat memotivasi para petani dalam mengembangan usahannya," katanya.

Dikatakan Zoel, dalam kunjungan tersebut, Ketua Komisi II DPRD Inhu yang merupakan putra Baturijal ini akan mencoba berbudi daya madu kelulut dilingkungan rumah  kediamannya.

"Beliau juga akan melakukan pembinaan bersama dalam mewujudkan cita-cita dan keinginan dari kelompok tani ini, bagaimana setiap rumah tangga di desanya bisa tergabung dalam kelompok tani supaya semua masyarakat bisa mendapatkan pendampingan serta bisa meningkatkan penghasilan keluarga petaninya," katanya.

Sebelumnya, pada 23 Maret 2021 lalu, kelompok tani madu kelulut ini juga pernah dikunjungi Tim Ahli LSM  Arthworm, Terena dari Negara Swiss.

LSM Arthworm merupakan sebuah  organisasi yang bergerak  penyelamat lingkungan dan hutan. Dalam kunjungan tersebut, Terena mencoba langsung proses panen madu kelulut.--argus.