Jelang Ramadhan, Stok Sembako di Kuansing Aman


Selasa, 06 April 2021 - 22:03:14 WIB
Jelang Ramadhan, Stok Sembako di Kuansing Aman Harga sembako di Kuansing retatif stabil jelang Ramadhan./foto:hendri.

RIAUIN.COM - Menjelang bulan Ramadhan, stok sembako di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) masih aman. Hal ini berdasarkan hasil pemantauan Dinas Perdagangan Koperasi dan Industri belum lama ini ke beberapa pasar tradisional.

“Diyakini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat selama bukan Ramadhan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Industri Kuansing, Azhar, Selasa (6/4/2021).

Kendatipun demikian, kata Azhar, pihak tetap waspada jika terjadi kelangkaan sembako menhadapi puasa maupun menjelang hari raya. Beberapa langkah antisipasi telah dipersiapkan diantaranya dengan meningkatkan pemantauan terhadap barang sembako yang beredar setiap hari.

“Kami sudah menghimbau para pedagang ataupun agen sembako agar tidak menumpuk barang dengan tujuan menghilangkan/mengurangi barang dari per edaran dengan maksud untuk menaikkan harga barang,” ucapnya.

Diaktakan Azhar, berdasarkan pemantauan beberapa hari lalu, harga kebutuhan pokok masih terbilang stabil. Kendatipun ada yang melonjak dan adapun yang mengalami penurunan harga.

Misalnya kacang-kacangan, item ini mengalami kenaikan harga sekitar Rp3 ribu.

"Kacang tanah dari harga Rp25.000 naik menjadi Rp28.000 begitu juga dengan kacang hijau dari Rp25.000 naik menjadi Rp 28.000,” katanya. 

Sementara kebutuhan lainya yang mengalami penurunan yakni cabe rawit dan cabe merah keriting.

"Cabe merah keriting turun Rp4.000 dari harga Rp60.000/kg menjadi Rp56.000 kg. Sedang kan cabe rawit hijau turun R5.000  dari harga sebelumnya Rp30.000/kg menjadi Rp25.000/kg,” jelasnya sembari menyebutkan harga sembako yang lain tidak ada mengalami perubahan.--hen.