Peringatan Hari PKK ke 49, Gubri Harap Fokus Dalam Mengatasi Stunting di Riau


Selasa, 06 April 2021 - 14:35:15 WIB
Peringatan Hari PKK ke 49, Gubri Harap Fokus Dalam Mengatasi Stunting di Riau Gubernur Riau, Syamsuar/Foto:Scr

RIAUIN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Riau ikut serta dalam mengatasi stunting di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri peringati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke 49 Tahun 2021, di Aula Atas Gedung Wanita Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (06/04/21).

Penanganan stunting ini dirasakan perlu, karena menurutnya kasus stunting di Provinsi Riau ini masih cukup tinggi. Untuk itu melalui HKG PKK diharapkan juga menjadi pelopor perubahan dengan mengajak para kaum ibu bersama PKK kabupaten/kota di Riau untuk menangani stunting di Riau.

Dikatakan Gubri, bahwa di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau ini ada terdapat kasus stunting. Meski demikian, tiap daerah memiliki skala kasus stunting yang berbeda. Untuk saat ini, diungkapkannya Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu termasuk dengan kasus stunting yang cukup tinggi di Riau.

"Untuk hal ini harus ada penanganan kita," ucapnya.

Gubri berpendapat gejala stunting yaitu kekurangan gizi, dimana ibu-ibu kurang konsumsi makanan yang bergizi di masa kehamilan. Oleh karenanya, Syamsuar meminta PKK Riau untuk berperan terhadap penanganan stunting agar bisa menurunkan angka kasus stunting di Provinsi Riau.

"Kegiatan ini juga harus diukur bukan hanya sekedarnya saja, agar terlihat ada upaya menurunkan angka kasus stunting di Riau," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Syamsuar juga mengajak TP PKK Riau untuk mendukung gerakan pendataan keluarga yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau. -adv