Dispar Riau Luncurkan Aplikasi dan Kalender Iven Pariwisata 2021


Kamis, 01 April 2021 - 19:01:03 WIB
Dispar Riau Luncurkan Aplikasi dan Kalender Iven Pariwisata 2021 Roni Rakhmat.

RIAUIN.COM - Dinas Pariwisata Riau akan meluncurkan aplikasi dan Calendar of Events (CoE). Kegiatan itu akan digelar sekaligus acara Anugerah Pariwisata 2021, bertempat di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau.

"Insya Allah, tanggal 11 April 2021 ini, kami akan laksanakan kegiatan Anugerah Pariwisata kepada pelaku pariwisata, sekaligus Launching Calendar of Events 2021 dan peluncuran aplikasi. Di situ nanti bisa dilihat iven-iven pariwisata Riau mana yang akan dilaksanakan," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, Kamis (1/4/2021).

Disebutkan Roni, aplikasi pariwisata ini bisa diunduh pengguna ios dan android. Untuk memudahkan wisatawan lokal dan mancanegara, menemukan lokasi wisata di Provinsi Riau. 

"Selain bisa menemukan lokasi wisata apa saja yang ada di Riau, aplikasi ini juga bisa menunjukkan jarak tempuh dan waktu perjalanan ke lokasi wisata yang dituju," jelasnya. 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya masih terus memastikan iven pariwisata mana yang masih memungkinkan untuk dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Ia menyebutkan, beberapa iven wisata yang kemungkinan besar akan bisa dilaksanakan yakni Festival Sungai Subayang, Kenduri Riau, dan iven-iven yang dilakukan berkonsep wisata alam dan tidak terlalu banyak melibatkan orang.

"Termasuk juga sport tourism Internasional Tour de Siak, Festival Pulau Rupat juga kemungkinan bisa dilaksanakan," ujarnya.

Saat ditanyakan terkait iven Pacu Jalur, Roni menyebut kemungkinan juga belum bisa dilaksanakan. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 yang masih fluktuatif dan juga waktu persiapan yang sudah semakin mepet.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya akan meluncurkan Calender of Events pada April 2021.

Untuk itu ia mengajak stakeholder terkait untuk bisa harus betul-betul menyamakan frekuensi, agar iven-iven yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

"Mudah-mudahan langkah kita dengan memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan, dapat mendukung terselenggaranya iven dan MICE,” ujar Sandiaga.--mcr/nal.