Bupati Tanah Datar Dukung Pembangunan Pondok Pesantren Batipuh Ateh 


Selasa, 30 Maret 2021 - 06:37:06 WIB
Bupati Tanah Datar Dukung Pembangunan Pondok Pesantren Batipuh Ateh  Bupati Tanah Datar Eka Putra melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Nurul Yakin Batipuh Ateh. F: Nes

RIAUIN.COM - Keinginan masyarakat Batipuh Ateh untuk mewujudkan pondok pesantren di Batipuh Ateh tampaknya bakal segera terwujud. Dalam waktu dua bulan belakangan ini masyarakat Batipuh Ateh, baik yang di kampung maupun yang di rantau, bersama-sama mengumpulkan wakaf dan berhasil mendapatkan dana sebanyak Rp500 juta untuk pembelian tanah lahan pondok pesantren.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Islam Batipuh Ateh, Yonnarlis, saat peletakan batu pertama Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Nurul Yakin Batipuh Ateh, Tanah Datar.

Peletakan batu pertama tersebut dilakukan Bupati Tanah Datar Bapak Eka Putra, dilanjutkan oleh Ketua DPRD Tanah Datar Bapak H Rony Mulyadi SE Dt Bungsu, Masnefi mewakili Kemenag Tanah Datar, pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yakin, Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Soleh, Camat Batipuh Bapak Arianto, Pj Wali Nagari Batipuh Ateh Nonovia dan dari tokoh masyarakat Batipuh Ateh diwakili oleh Syafril Sutan Parmato yang juga anggota DPRD Tanah Datar. 
 
Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya mengkatakan, dimulainya pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah ini merupakan wujud kebersamaan dalam bergotong royong membangun sarana pendidikan Islam. Karena pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati dan mengamalkan agama Islam. 

"Pendidikan agama Islam merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang. Bimbingan dan arahannya adalah ajaran agama yang ditujukan agar manusia mempercayai dengan sepenuh hati akan adanya Tuhan, patuh dan tunduk melaksanakan perintah-Nya dalam bentuk beribadah, dan berakhlak mulia. Mari kita dukung pembangunan Pondok Pesantren ini." ujar Bupati Tanah Datar.


Sementara pimpinan Ponpes Nurul Yakin Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Soleh menegaskan keberadaan pondok pesantren bukan untuk kepentingan bisnis. Sebaliknya pesantren tujuannya adalah membimbing anak didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian Islam yang sanggup dengan ilmunya menjadi mubaligh Islam dalam masyarakat sekitar melalui ilmu dan amalnya.

Nonovia Pj Wali Nagari Batipuah Ateh menyampaikan dengan dibangunnya Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Nurul Yakin Batipuh Ateh, diharapkan masyarakat khususnya generasi muda lebih dapat memperdalam ilmu agama.

Semetara itu tokoh masyarakat Syafril Sutan Parmato dalam sambutannya berharap berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi pembangunan jalan ke pondok pesantren nantinya. 

Masnefi pula menambahkan, atas nama Kantor Kementerian Agama pihaknya menyampaikan kegembiraannya atas dibangunnya pondok pesantren di Batipuh Ateh. "Secara teknis administrasi kami akan membantu pembangunan pondok pesantren, karena pekerjaan ini bukan pekerjaan mudah," ujarnya. - nes