Jaga Kamtibmas, Satpol PP Inhu Kirim 36 Personel Ke Lokasi PSU Desa Ringin


Selasa, 30 Maret 2021 - 17:43:10 WIB
Jaga Kamtibmas, Satpol PP Inhu Kirim 36 Personel Ke Lokasi PSU Desa Ringin Personil Satpol PP apel pagi sebelum diberangkatkan ke lokasi PSU Koto Ringin./foto:argus.

RIAUIN.COM - Sebanyak 36 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan ditempatkan di lokasi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal.

Penempatan personel tersebut dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pelaksanaan PSU. 

"Selama berada di lokasi PSU, personel Satpol PP melakukan patroli bersama instansi terkait seperti personil Polri, TNI, Panwascam dan unsur kecamatan terkait lainnya. Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri," ujar Plt Kepala Satpol PP Inhu Aldiar Susenra saat dihubungi Riauin.com, Selasa (30/3/2021).

Dikatakan Aldiar, sebelum diberangkatkan ke lokasi PSU, diawali dengan apel pelepasan personel pengamanan PSU di halaman kantor Satpol PP di Pematang Reba. Kemudian, 36 personel langsung diberangkatkan ke Kantor Kecamatan Batang Gansal dengan menggunakan empat unit mobil patroli. 

"Di Kantor Camat Batang Gansal, kita gelar apel serah terima personel kepada Pemerintah Kecamatan Batang Gansal," ujarnya.

Kemudian usai apel serah terima, kata Aldiar, 36 orang personel diberangkatkan ke posko pengamanan PSU yang lokasinya bersebelahan dengan Kantor Desa Ringin. 

"Kita juga mendirikan tenda Satpol PP di depan posko pengamanan PSU," tambahnya.

Lebih jauh disampaikannya, personel yang ditempatkan akan bertugas hingga pelaksanaan PSU berakhir. 

Pelaksanaan PSU di TPS 3 Desa Ringin Kecamatan Batang Gangsal, Inhu, berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebagaimana diketahui di TPS 3 Ringin tersebut pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 370 pemilih dan Pemilihan Tambahan yang menggunakan hak pilih dengan e-KTP yang tak masuk DPT berjumlah 17 orang.--argus.