Kelompok Tani di Inhu Dikunjungi Tim Ahli dari Swiss


Selasa, 23 Maret 2021 - 21:43:35 WIB
Kelompok Tani di Inhu Dikunjungi Tim Ahli dari Swiss Kelompok tani di Inhu dikunjungi LSM dari Swiss./foto:argus.

RIAUIN.COM - Sejumlah Kelompok Tani di Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau dikunjungi Tim Ahli Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Arthworm, Terena dari negara Swiss, Selasa (23/3/2021).

LSM Arthworm merupakan sebuah  organisasi yang bergerak dalam penyelamat lingkungan dan hutan.

Saat kunjungan tersebut, Terena didampingi Koordinator BP3 Kecamatan Peranap Harmen, Penyuluh Pertanian Zoelhanafiah, Kepala Desa Baturijal Hulu Junaidi dan sejumlah staf BP3 Kecamatan Peranap.

Adapun Kelompok Tani yang dikunjungi yakni, Usaha Tani Mandiri di Desa Pandan Wangi, Serai Wangi Maju Bersama di Desa Serai Wangi, Kelompok Penggiat Madu Kelulut Taruna Tani Mekar Sari di Desa Baturijal Hulu dan Kelompok Penyelamat Hutan Bukit Lestari di Desa Pauh Ranap.

"Kunjungan tersebut merupakan kegiatan kerja sama dalam pendampingan kelompok tani untuk peningkatan sumber daya manusia  petani dan peningkatan ekonomi petani," kata Koordinator BP3 Kecamatan Peranap Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu Harmen melalui Penyuluh Pertanian Zoelhanafiah.

Dalam kunjungan itu, Tim Ahli LSM  Arthworm, Terena berkesempatan menyaksikan langsung proses panen madu kelulut dan penyebaran benih padi varietas padi merah dan inpago di areal kelompok tani Benawan II di Kelurahan Baturijal Hilir.

Kedepam, kata Zoel, LSM Arthworm bersedia menfasilitasi petani-petani di Inhu untuk dilatih dan ditingkatkan kemampuannya dalam berusaha tani dengan cara mengadakan pelatihan ditingkat kelompok tani maupun magang di luar daerah kepada petani yang berminat.

"Ini kesempatan yang luar biasa dan harus kita manfaatkan secara positif rekanan dan fatner kita ini (LSM Arthworm)," ungkapnya.--argus.