Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah 62 Persen, Gubri dan Kapolda Siap Bantu Kendala di Lapangan


Selasa, 23 Maret 2021 - 19:54:49 WIB
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah 62 Persen, Gubri dan Kapolda Siap Bantu Kendala di Lapangan Gubri dan Kapolda meninjau pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang.

RIAUIN.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau pelaksanaan proyek pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang di Km 33 perbatasan Desa Sungai Jalau dengan Muara Jalai, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Selasa (23/3/2021).

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, turut hadir dalam peninjaun tol yang tersambung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Trans Sumatera, yang nantinya akan menghubungkan Pekanbaru-Padang, Sumatera Barat.

"Tujuan kita meninjau tol Pekanbaru-Padang ini, untuk mengetahui permasalahan. Jika ada permasalahan, kami akan membantu menyelesaikannya," kata Gubri.

Syamsuar mencontohkan ada salah satu titik lahan yang perlu diselesaikan terkait izinnya harus dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Namun lahan itu diproyek pembangunan tol Pekanbaru-Rengat.

Masih di tempat yang sama, Project Direktur PT Hutama Karya, Bambang Eko menjelaskan, progresnya proyek pengerjaan jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah mencapai 62 persen.

Dimana sepanjang 29 kilometer yang sudah dalam keadaan fungsional. Sejauh ini menurutnya, belum ada kendala terkait ganti rugi lahan. 

Dia mengatakan, Pemkab Kampar memiliki peran dalam memberikan pemahaman kepada warga, khususnya lahan yang dilewati proyek jalan bebas hambatan tersebut.

"Ganti rugi lahan tinggal sedikit lagi, ada peran Pemkab yang ikut memberikan pengertian," ujar Bambang.--mcr/nal.