Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim, Terlihat Percikan Api


Sabtu, 20 Maret 2021 - 15:15:45 WIB
Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim, Terlihat Percikan Api Pesawat Trigana Air yang tampak keluar landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (20/3/2021). F:Istimewa

RIAUIN.COM - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tergelincirnya pesawat kargo Trigana Air di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (20/3/2021) siang. 

"Pesawat ini mengangkut kargo dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini," kata Adita saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).. 

Adita menjelaskan, pesawat kargo Trigana PSK YSF dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma-Makassar itu mendarat keluar runway pada pukul 11.26 WIB.

Akibat kejadian tersebut, penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. 

"Saat ini pihak AP2 (Angkasa Pura 2) sudah melakukan pengalihan pendaratan dan keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

Sempat Ada Percikan Api

Berdasarkan keterangan dari salah satu warga, pesawat Trigana Air tersebut mengalami masalah di salah satu mesin. Pesawat pun diizinkan untuk kembali ke Bandara Halim. Saat mendarat pesawat Trigana Air keluar landasan.

Dari informasi yang diterima, pilot menginformasikan ada masalah pada mesin nomor dua. Pihak ATC mengintruksikan ke RFFS dan AMC, dan standby untuk menunggu pendaratan.

Sebelum mendarat, pilot pesawat Trigana Air meminta untuk holding di A5 selama 15 menit. Kemudian membuang bahan bakar di area A5. Pesawat tersebut mendarat dengan mengeluarkan ledakan yang besar dan api pun berkobar. - gha

Berdasar foto-foto yang diterima Suara.com dari kiriman warga, terlihat sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di pesawat Trigana Air. - gha