Satgas Karhutla Solid Inhu Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Sekip Hilir


Rabu, 17 Maret 2021 - 13:04:50 WIB
Satgas Karhutla Solid Inhu Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Sekip Hilir Tim Satgas Karhutla Solid Inhu berhasil memadamkan api di Sekip Hilir./foto:argus.

RIAUIN.COM - Tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Solid Indragiri Hulu (Inhu) berhasil melakukan upaya pemadaman dan mengendalikan kebakaran lahan yang terbakar sejak Sabtu (13/3/2021).

"Selama 3 hari tim berjibaku memadakan kebakaran lahan lebih kurang 4 hektar di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat," kata Kepala Manggala Agni Daops Sumatera VII Rengat Firza Causar didampingi Bidang Humas dan Publikasi Yuhendri, Rabu (17/3/2021).

Tim Satgas Karhutla Solid Inhu terdiri dari anggota TNI Kodim 0302 Inhu, Personil Polres Inhu, Anggota Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, personil Kantor KPH Indragiri, Anggota Satpol PP dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Sekip Hilir dan masyarakat setempat.

"Kepada masyarakat diimbau lebih peduli lagi untuk menjaga lahan dan kebunnya jangan sampai arealnya sampai terjadi  kebakaran. Mari bersama kita cegah karhutla," harapnya.

Dikatakannya, personil Manggala Agni Daops Sumatera VII Rengat merupakan salah satu anggota Tim Satgas Karhutla Solid Inhu.

"Lahan yang sudah berhasil dipadamkan ini merupakan areal tanaman sawit muda serta semak belukar dengan potensi kebakaran sangat tinggi, pemadaman dilakukan dengan efektif dan efisien serta difokuskan pada penyekatan kepala api, agar kebakaran tidak meluas ke lahan yang lain," ucap Firza.

Dikatakannya, informasi kebakaran ini didapat dari laporan anggota MPA Desa Rawa Bangun yang bernama Kliwon yang langsung menghubungi Koordinator pemadaman MADSVII Rengat Ahmad Zubeir melalui sambungan telephone, Senin (13/3/2021) lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas informasi yang disampaikan dan kami kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan secepatnya melapor apabila ada kejadian kebakaran lahan," harapnya.--argus.