Dua Tokoh Berpulang, Ketua DPRD: Masyarakat Tanah Datar Berduka


Jumat, 12 Maret 2021 - 19:55:08 WIB
Dua Tokoh Berpulang, Ketua DPRD: Masyarakat Tanah Datar Berduka Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar, H Hafzi Datuak Batuah dan mantan Bupati Tanah Datar Musriadi Martunus.

RIAUIN.COM - Selang sehari, dua orang tokoh masyarakat Kabupaten Tanah Datar meninggal dunia. Sebelumnya, Kamis (11/3 2021), Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar, H Hafzi Datuak Batuah meninggal di Rumah Sakit M Djamil Padang dalam usia 69 tahun karena sakit. 

Kemudian hari ini, Jumat (12/4/2021),  pukul 11.45, kabar duka kembali diterima. Mantan Bupati Tanah Datar periode 2000-2005 meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto karena terinfeksi virus corona.

Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi SE yang menghadiri pemakaman Ketua LKAAM  di Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, menyampaikan rasa duka yang mendalam, serta berharap keluarga yang ditinggalkan bisa tabah. 

"Kepergian Datuak Batuah ini tidak hanya duka bagi keluarga, tapi juga bagi masyarakat Tanah datar. Semasa hidup, pak Datuak merupakan tempat baiyo dan minta nasihat bagi kami yang muda-muda ini. Banyak sekali pengetahuan terutama pemahaman  persoalan adat yang beliau sampaikan," ujar Roni yang juga penghulu bergelar Datuak Bunsu saat berbincang dengan Riauin.com di kediamannya, Jumat (12/3/2021).

Belum habis duka tersebut, masih menurut Roni, hari ini dia juga dapat kabar mantan Bupati Tanah Datar Musriadi Martunus juga telah berpulang di RS Gatot Subroto Jakarta. 

"Atas nama pribadi maupun masyarakat Tanah Datar, saya juga  ikut berduka cita, atas berpulangnya beliau," ujar Roni.

Menurut Roni, semasa hidupnya, waktu memimpin Kabupaten Tanah Datar, pelbagai terobosan dan percepatan pembagunan telah dilakukannya. 

"Terlalu banyak jasa beliau, tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat Tanahdatar untuk mendoakan agar mantan Bupati, Masriadi Martunus, dilapangkan kuburnya, dan diberikan tempat yang layak disisi-Nya," ujar ketua DPRD. - nes