Bupati Asahan Resmikan Desa Taman Sari Sebagai Kampung Tangguh Berbasis Mikro


Jumat, 05 Maret 2021 - 23:36:17 WIB
Bupati Asahan Resmikan Desa Taman Sari Sebagai Kampung Tangguh Berbasis Mikro Bupati Asahan H Surya BSc meninjau Posko Kampung Tangguh Desa Taman Sari, Kecamatan Pulo Bandring. | Humas Pemkab

RIAUIN.COM - Bupati Asahan meresmikan Desa Taman Sari Kecamatan Pulo Bandring menjadi Kampung Tangguh Berbasis Mikro pada Jumat (5/3/2021). Turut menghadiri Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani SH, Dandim 0208, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny Titiek Sugiharti Surya, OPD terkait, Camat Pulo Bandring Jutawan Sinaga dan Kades Taman Sari.  

Dengan diresmikannya Kampung Tangguh berbasis Mikro yang diresmikan pada hari ini,  diharapkan bisa meminimalisir penyebaran atau penularan Covid-19.

“Dengan adanya Kampung Tangguh berbasis Mikro  yang diresmikan pada hari ini, diharapkan masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan Covid-19, sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19,” kata Wakapolres Asahan dalam sambutannya.

Selain itu, Wakapolres juga berharap dengan adanya Kampung Tangguh ini, bisa memberi contoh dan mengajak masyarakat untuk patuh memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Mudah-mudahan dengan diresmikannya kampung tangguh ini menjadi penambah semangat bagi warga masyarakat Desa Taman Sari Kecamatan Pulo Bandring  untuk melawan atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Taman Sari Arfian Simatupang, selaku ketua Kampung Tangguh berbasis mikro dalam sambutannya mengucapkan terima  atas dijadikannya Desa Taman Sari Menjadi Kampung Tangguh Berbasis Mikro yang diresmikan tersebut. Ia berharap hal ini dapat turut serta membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan terhadap penyebaran  wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami warga Desa Taman Sari  yang telah dipercaya menjadi Kampung Tangguh Berbasis Mikro. Dengan diresmikannya kampung tangguh ini, harapan kami masyarakat semakin patuh terhadap disiplin protokol kesehatan Covid-19,” ucap Arfian.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan Kampung Tangguh Berbasis Mikro yang diresmikan pada hari ini merupakan binaan dari Kapolres Asahan wajib mendapat dukungan bersama karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Taman Sari dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Desa sebagai satuan pemerintahan terkecil tentu harus melakukan gerakan antisipatif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Bupati Surya juga menegaskan bahwa Posko di tingkat desa perlu dibentuk dengan fungsi mengkoordinasikan, mengendalikan, memantau, mengevaluasi serta mengeksekusi penanganan Covid-19. Dengan berfungsinya Posko tersebut diharapkan dapat mendorong perilaku masyarakat  untuk sama sama mengingatkan bagaimana pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengharapkan Desa Taman Sari dapat menjadi desa yang tangguh dalam penanganan Covid-19 dan tangguh dalam penanganan kesehatan serta tangguh dalam penanganan kamtibmas di wilayahnya.

Pada kesempatan ini Bupati juga menyerahkan bibit jahe kepada masyarakat Desa Taman Sari, dan rangkaian akhir acara adalan Peresmian Posko Kampung Tangguh Desa Taman Sari, Kecamatan Pulo Bandring. - ADV