Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021 Mengusung Tema Eksotisme Lombok


Rabu, 03 Maret 2021 - 16:06:51 WIB
Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021 Mengusung Tema Eksotisme Lombok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan sambutan secara daring pada acara Pembukaan Karya Kreatif Indonesia

RIAUIN.COM - Pemerintah provinsi Riau menghadiri pembukaan acara Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan secara virtual langsung dari Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat. Acara ini diikuti oleh Asisten I Sekdaprov Riau, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Perindagkop Riau di ruang RCC Menara Lancang Kuning.

Agenda utama dalam acara ini adalah showcase produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara ini akan menampilkan produk UMKM unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan seluruh Nusantara.

Untuk itu, Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) kali ini akan Mengusung Tema "Eksotisme Lombok".

Dalam sambutannya, Gubernur NTB menyampaikan bahwa Lombok bukan saja sebagai tempat wisata dengan keindahan alamnya, keberagaman budaya yang sangat sulit untuk dilupakan dan kuliner khas yang memanjakan lidah.

"Sesungguhnya NTB khususnya lombok memiliki  potensi dan kapasitas SDM yang sangat hebat. NTB bukan hanya penghasil kopi, bukan hanya menghasilkan pakaian adat tapi bisa menghasilkan mesin-mesin yang mampu meningkatkan produktifitas penunjang ekonomi, sudah bisa dihasilkan disini, ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan UMKM masyarakat.

"Saya apresiasi kepada Gubernur Bank Indonesia untuk masyarakat NTB dalam mendukung pengembangan wisata dan ekonomi," tambahnya.

Dikesempatan lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa akan mendukung terus program eksotisme lombok.

Sandiaga menjelaskan bahwa kementerian pariwisata tidak hanya melihat Mandalika sebagai destinasi wisata tapi bagamana  membangkitkan produk-produk kreatif dari lombok bisa mendunia.

 

"Kuncinya adalah on boarding digitalisasi sebagai pendukung program eksotisme lombok ini, serta menimbulkan rasa bangga berwisata di indonesia", ucapnya.

Acara berlangsung pada Rabu (3/3/2021) ini juga dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi , Menteri Perdagangan, Menteri Kominfo, Gubernur Bank Indonesia dan sejumlah pejabat lainnya. -dani