Muscab III Askonas: Tingkatkan Sinergitas Dengan Pemerintah Daerah


Rabu, 03 Maret 2021 - 16:00:31 WIB
Muscab III Askonas: Tingkatkan Sinergitas Dengan Pemerintah Daerah Asisten II Bidang Pembangunan Dan Perekonomian Provinsi Riau Eva Refita membuka secara resmi Muscab III Askonas

RIAUIN.COM - Peranan Jasa Konstruksi terhadap pembangunan infrastruktur di Riau sangatlah penting. Untuk itu, Askonas hadir untuk menjawab tantangan pembanguan nasional maupun daerah seiring dengan perkembangan teknologi saat ini.

Askonas melaksanakan Seminar konstruksi dan Musyawarah Cabang (Muscab) III DPC ASKORNAS Se-Provinsi Riau periode 2021-2026 yang dihadiri oleh 12 kabupaten/kota di Riau.

Muscab kali ini mengangkat tema “Riau dan Program Strategis Pembangunan Nasional 2019 – 2024 yang dilaksanakan Rabu, (3/3/2021) di Hotel Royal Asnof Pekanbaru.

Ketua DPD Askonas Provinsi Riau Ilmiyawan mengatakan bahwa selain mempererat tali silaturahmi, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mensosialisasikan terkait peraturan daerah baik itu Peraturan Presiden maupun Peraturan Menteri tentang jasa konstruksi.

"Maka dari itu sinergitas antar stakeholder baik pemerintah, asosiasi maupun masyarakat jasa konstruksi adalah bagian yang tidak mungkin dapat dipisahkan, karena ini mampu menggerakkan rantai pasok pertumbuhan sosial ekonomi di Bumi Melayu Riau," jelasnya.

Dalam Musda III ini juga dihadiri oleh Asisten II  bidang pembangunan dan perekonomian Provinsi Riau Eva Refita yang sekaligus membuka secara resmi seminar konstruksi DPC Askonas se-provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Eva mengungkapkan bahwa sektor jasa konstruksi merupakan salah satu sektor strategis dalam mendukung tercapainya pembangunan nasional.

"Selain itu, jasa konstruksi juga merupakan bagian penting dari terbentuknya produksi konstruksi, karena jasa konstruksi menjadi arena pertemuan antara penyedia jasa dengan pengguna jasa," ungkapnya.

Oleh karena itu pengembangan jasa konstruksi menjadi agenda publik yang penting dan strategis bila melihat perkembangan yang terjadi secara cepat dalam konteks globalisasi dan liberalisasi, kemiskinan dan kesenjangan, demokratisasi dan otonomi daerah serta kerusakan dan bencana alam.

"Kita ketahui bahwa jasa konstruksi merupakan salah satu sektor yang stategis untuk mencapai tujuan pembangunan nasional maupun daerah dan menopang pertumbuhan ekonomi kedepannya", jelasnya.

Dalam seminar ini juga dilakukan penandatanganan berita acara Muscab III DPC Askonas se-provinsi Riau periode 2021-2026 oleh 10 kabupaten/kota, diantaranya Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, dan Kabuapaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. -dani