Diduga Cemari Sungai, DPRD Inhu Segera Tinjau PKS PT SSS di Lubuk Batu Jaya


Selasa, 02 Maret 2021 - 16:38:40 WIB
Diduga Cemari Sungai, DPRD Inhu Segera Tinjau PKS PT SSS di Lubuk Batu Jaya Komisi III DPRD Inhu menerima pengaduan warga terkait dugaan limbah PT SSS yang mencemari sungai./foto:argus.

RIAUIN.COM - Komisi III DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) segera turun melakukan peninjauan ke lokasi Pabrik Kepala Sawit (PKS) PT Sanling Sawit Sejahtera ( SSS ) di Desa Rimpian, Kecamatan Lubuk Batu Jaya,  Kabupaten Inhu, guna menindaklanjuti pengaduan masyarakat setempat.

Laporan warga, PT SSS diduga membuang limbah ke sungai, sehingga terjadi pencemaran anak sungai Ati-ati yang tembus ke Batang Sungai Lalo.

"Jika anak sungai Ati-ati tercemar limbah yang diduga berasal dari perusahaan PT.SSS maka akan berdampak, karena Batang Sungai Lalo merupakan cadangan kebutuhan air bagi warga di sana. Komisi III segera melihat kondisi ini ke lokasi," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Inhu Masyrullah kepada sejumlah wartawan, Selasa (2/3/2021).

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Inhu Adek Chandra juga membenarkan telah menerima surat pengaduan terkait pencemaran di salah satu anak sungai dari masyarakat Desa Rimpian.

Selain dugaan pencemaran lingkungan, juga ada persoalan lain terkait kondisi badan jalan yang rusak dan berlobang akibat muatan truk milik perusahaan yang melebihi tonase. Sehingga, saat musim hujan jalan berkubang dan di musim kemarau debu berterbangan. 

"Masyarakat meminta, agar perusahaan bertanggung jawab untuk memperbaiki jalan. Sebelum diperbaiki, jalanan harus disiram tiga kali dalam sehari agar tak ada debu,” jelas Ade Chandra asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).--argus.