Hari Pertama Kerja, Wako Dumai Paisal Bahas Masalah Sampah, Infrastruktur dan Karhutla


Senin, 01 Maret 2021 - 19:09:04 WIB
Hari Pertama Kerja, Wako Dumai Paisal Bahas Masalah Sampah, Infrastruktur dan Karhutla Wako Dumai Paisal langsung meninjau infrastruktur jembatan yang rusak./foto:antara.

RIAUIN.COM - Hari kerja pertama usai dilantik, Walikota Dumai Paisal langsung turun ke lapangan meninjau program penanganan sampah, infrastruktur dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), 
Senin (1/3/2021).

Sebelum turun lapangan, Walikota yang dilantik Jumat (26/2/2021) lalu, memimpin rapat terbatas bersama 3 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani karhutla, persampahan serta infrastruktur.

ketiga OPD itu yakni, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Penanganan Bencana Daerah.

Paisal mengatakan, sesuai janji bahwa usai dilantik oleh Gubernur Riau Syamsuar dirinya bersama Wakil Walikota Amris akan langsung bekerja. Hari kerja pertama langsung memimpin rapat terbatas dan turun lapangan melihat program penanganan karhutla, persampahan dan infrastruktur.

"Kita langsung bekerja dan salah satu menjadi persoalan Dumai adalah banjir, karena itu hari ini ditinjau program penanganan banjir, sampah dan karhutla," kata Walikota Paisal.

Terkait infrastruktur, walikota dipilih warga Dumai ini bertekad menjemput anggaran di Pemerintah Pusat dalam rangka peningkatan program penanganan banjir yang menjadi persoalan klasik, karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah.

Sedangkan terkait karhutla, Paisal juga langsung berkoordinasi dengan BPBD untuk memantapkan sinergi dan koordinasi dalam program pencegahan dan penanganan karhutla serta bencana asap.

Kemudian masalah sampah, Paisal meminta DLH untuk mengoptimalkan penyediaan bak sampah di titik tertentu dan meningkatkan kegiatan pembersihan serta pengangkutan ke tempat pembuangan akhir.

"Penanganan banjir juga dilakukan dengan pembersihan sungai dan drainase di seluruh jalan secara rutin," ujarnya Paisal. 

Walikota Paisal usai memimpin rapat terbatas 3 OPD di Kantor Walikota Jalan Perwira Kelurahan Bagan Besar, langsung meninjau pelaksanaan pembersihan Sungai Dumai dan lokasi pembuatan embung di Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan.***