Puluhan Hektar Lahan Terbakar, Inhu Ditetapkan Siaga Darurat Karhutla


Senin, 01 Maret 2021 - 16:33:11 WIB
Puluhan Hektar Lahan Terbakar, Inhu Ditetapkan Siaga Darurat Karhutla Rapat penetapan status siaga darurat karhutla di Inhu.foto:argus.

RIAUIN.COM - Sejak sebulan terkahir, puluhan hektar lahan warga terbakar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Ratusan tim sudah dikerahkan untuk melakukan pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) disejumlah desa.

Menyikapi kondisi ini, Pemkab telah menetapkan status siaga darurat bencana karhutla di Inhu.

Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Inhu Ergusfian kepada Riauin.com, Senin (1/3/2021).

"Iya benar, penetapan status siaga darurat bencana itu berdasarkan hasil rapat koordinasi. Dimana, saat ini puluhan hektar lahan di Inhu mengalami karhutla. Penetapan status siaga karhutla ini terhitung mulai 1 Maret-31 Oktober 2021," kata Ergusfian, usai rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana karhutla di Ruang Rapat Audotorium Raja Thamsir Rachman, Pematang Reba.

Ergusfian menuturkan, sejumlah daerah yang terbakar sudah berhasil dipadamkan dan sebagian lagi masih dalam upaya pendinginan.

Adapun lokasi yang berhasil dipadamkan adalah di Desa Talang 
Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, dimana sekitar 2 hektar lahan terbakar. 

Kemudian, sekitar 3 hektar lahan di Desa Kuala Mulia dan Desa Tanjung Sari Kecamatan Kuala Cenaku, yakni sekitar 5 hektar lahan terbakar.

Selanjutnya di Desa Sei Raya Kecamatan Rengat berbatasan dengan Desa Rawa Bangun, sekitar 3 hektar lahan terbakar dan sudah dipadamkan.

"Tim Satgas Karhutla tarpadu yakni TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Satpol PP dan MPA masih melakukan pendinginan di lokasi Desa Rawa Bangun dan Desa Tanjung Sari," jelasnya.

Ergusfian mengharapkan pihak perusahaan agar selalu melakukan patroli rutin, membersihkan kanal dan embung agar kesediaan air selalu ada.

"Perusahaan juga diminta ikut berpartisipasi melakukan pemadaman di lokasi bersama tim satgas karhutla," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ergusfian menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di areal lahan pertanian atau perkebunan guna menghindari karhutla.

Rapat Karhutla yang dipimpin Plh Bupati Inhu Hendrizal itu juga dihadiri Kajari Inhu Forkonsyah Lubis, Dandim 0302 Inhu Letkol Eko S, Waka DPRD Inhu Suwandi Ritonga dan Ketua Pengadilan Negeri Inhu, Kepala BMKG Japura, Kadaops Manggala Agni Daops Rengat Firza Causar, Ketua LAMR Inhu Marwan MR, Ketua MUI, Ketua FKUB Inhu, Ketua KONI dan Kepala OPD, Camat dan sejumlab kepala desa (kades).--argus.