Komunitas Bhayangkara Jip Community Inhu Ikut Padamkan Karhutla di Kuala Cenaku


Ahad, 28 Februari 2021 - 15:34:07 WIB
Komunitas Bhayangkara Jip Community Inhu Ikut Padamkan Karhutla di Kuala Cenaku Komunitas BJC Inhu ikut padamkan api di Kuala Cenaku./foto:argus.

RIAUIN.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menghanguskan sekitar 5 hektar lahan masyarakat di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu, hingga saat ini belum berhasil dipadamkan.

Upaya pemadaman terus dilakukan Satgas Karhutla Inhu dan komunitas Bhayangkara Jip Community (BJC) Inhu yang ikut membantu pemadaman karhutla di lokasi.

"Sebanyak 10 orang anggota kita kerahkan secara sukarela turun dan bergabung dengan Tim Satgas Karhutla Kabupaten Inhu," kata Ketua BJC Inhu, Baharudin DM, kepada Riauin.com, Ahad (28/2/2021).

Dijelaskan Bahar, sebagai komunitas yang telah berkomitmen untuk mengedepankan kegiatan sosial, BJC Inhu juga terpanggil untuk ikut berjibaku memadamkan titik api di lahan masyarakat setempat.

Lahan yang terbakar merupakan semak belukar, ditambah lagi kontur tanah adalah gambut, yang membuat api dengan cepat menjalar dan upaya pemadaman harus membutuhkan tenaga ekstra.

Namun semua itu bukan halangan bagi anggota BJC dan Tim Satgas Karhutla yang terdiri dari Polres Inhu, Kodim 0302 Inhu, BPBD Inhu, Manggala Agni dan unsur masyarakat lainnya.

"Seluruh anggota BJC turun ke lokasi berjibaku memadamkan api tetap bersemangat, mudah-mudahan api cepat padam," ucap Bahar.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal selaku Pembina Utama dan perintis BJC Inhu mengucapkan terima kasih kepada anggota BJC yang telah ikut dan berpartisipasi dalam memadamkan karhutla di Desa Tanjung Sari, Kuala Cenaku.

"Kami ucapkan terima kasih kepada anggota BJC Inhu atas partisipasi memadamkan api. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan, kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita, salam offroad," ucap Efrizal.--argus.