Besok Pagi, Mahyeldi-Audy Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Wagub Sumbar 


Rabu, 24 Februari 2021 - 22:17:56 WIB
Besok Pagi, Mahyeldi-Audy Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Wagub Sumbar  Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy

RIAUIN.COM - Presiden RI Joko Widodo bakal melantik Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (25/2/2021), tepatnya pukul 09.00 WIB di Istana Negara.

Hal itu dibenarkan Kepala Biro Pemerintah Pemprov Sumbar Iqbal Ramadi. Dia mengatakan, jadwal ini berubah mendadak dari rencana awal. Dia menyebut, jika informasi pelantikan itu didapatkan pada hari ini, Rabu (24/2/2021) pukul 10.00 WIB.

"Untuk pelantikannya besok di Istana Negara, kita tidak tahu juga alasannya mendadak. Namun itu adalah perintah (pemerintah) pusat, kewenangan dari Presiden, jika diperintahkan, kita laksanakan," kata Iqbal kepada merdeka.com di Padang, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan, tidak terdapat persiapan khusus untuk pelantikan tersebut, karena dilangsungkan di Jakarta. "Kita (Pemprov Sumbar) hanya memberitahukan segera, kepada Gubernur dan Wakil Gubernur setelah, usai mendapatkan informasi dari pusat tersebut," jelas Iqbal.

Sebelumnya, Selasa (23/2/2021) DPRD Sumatera Barat telah menggelar rapat paripurna untuk menetapkan pasangan Mahyeldi-Audy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih.

Saat itu, Pj Gubernur Sumbar Hamdani menyebut, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih bakal dilantik pada Maret 2021 mendatang. Namun jadwal itu berubah setelah adanya instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

"Mahyeldi-Audy dilantik pada Maret 2021, namun untuk tanggalnya, belum dapat dipastikan. Saat ini sebagai Pj Gubernur kami menyiapkan segala kebutuhan untuk pelantikan," kata Hamdani saat rapat paripurna tersebut. - tra