VIDEO: 2 UPTD Dibentuk Atasi Sampah di Kota Pekanbaru


Rabu, 24 Februari 2021 - 16:21:11 WIB
VIDEO: 2 UPTD Dibentuk Atasi Sampah di Kota Pekanbaru https://youtu.be/yPrdU336DPE

RIAUIN.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru dalam waktu dekat membentuk dua Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD). Nantinya UPTD baru itu dapat mengatasi masalah sampah di Kota Bertuah ini.

Kedua UPTD tersebut menurut Azhar yang merupakan Plh Kadis DLHK adalah UPTD pengelolaan sampah dan UPTD retribusi sampah. Dari kedua UPTD ini nantinya akan menyumbangkan PAD Rp25 miliar hingga Rp30 miliar pertahun.

"Dari hasil rapat dua bulan lalu bersama Asisten III, Kabag Ortal, Inspektorat SDM, BPkAD, Bappeda di Kantor Walikota Tenayan Raya disepakati paling lama Juni 2021 dua UPTD itu sudah terbentuk," kata Sekretaris DLHK itu.

Sampah yang ada di TPA Muara Fajar itu nantinya Akan Diolah Dengan Mesin sumbangan dari pihak ketiga dan bisa menghasilkan energi setengah jadi, atau bahan baku bisa dijual ke pihak swasta. Mesin berkapasitas 8 ton dari Korea, sejak akhir tahun 2020 lalu saat ini sudah ada di TPA Muara Fajar.

"Apalagi kita sudah didukung mesin pengelolaan sampah dari Korea yang merupakan sumbangan dari pihak ketiga. Artinya dengan adanya mesin pengolahan sampah, maka sampah yang sekarang menumpuk di TPA sudah dapat dikelola dan dapat menghasilkan PAD kedepannya," ucap Azhar. -novi