Tim Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Tasik Serai Bengkalis, Ini Foto-Fotonya


Selasa, 23 Februari 2021 - 07:40:31 WIB
Tim Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Tasik Serai Bengkalis, Ini Foto-Fotonya Tim gabungan berjibaku memadamkan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Simpang Dinamit, RT. 03/RW. 01, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. |Foto: BBKSDA Riau

RIAUIN.COM - Tim gabungan terdiri dari Daops Manggala Agni Sumatera V/Dumai, Balai Besar KSDA Riau, TNI, Polri, Damkar Bengkalis, BPBD, RPK, MPA bersama masyarakat bahu membahu berjibaku memadamkan api di Simpang Dinamit, RT. 03/RW. 01, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Foto: HO BBKSDA Riau

Pemadaman sudah dilakukan selama 4 hari, mulai jumat (19/2) hingga hari ini, Senin (22/2). Di lokasi kondisi cuaca panas dan berangin. Api menjalar pada jenis tanah gambut dengan kedalaman 3 meter, serta vegetasi terbakar kebun sawit, ilalang dan semak belukar. Kondisi seperti ini membuat Tim terpadu kewalahan dengan kondisi kebakaran di kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil tersebut. 

Bersyukur sumber air untuk pemadaman tersedia dari kanal di sekitar lokasi tersebut. Luas areal yang terbakar sekitar 20 hektar. Dengan peralatan 2 unit mesin max3, 2 Unit mesin Mark3, 1 Unit mesin mini, 2 Unit mesin mini striker, dan 2 Unit excavator Tim melakukan pemutusan kepala api di beberapa titik. Tim membuat sekat bakar menggunakan excavator agar tidak meluas ke area hutan yang belum terbakar.

Hari ini Tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan. Di lokasi sudah tidak ada lagi kebakaran. Hanya asap tebal di sisa kebakaran. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dengan cuaca yang panas disertai angin kencang akan timbul kembali kebakaran. Untuk itu Tim gabungan masih berupaya memperlebar penyekatan dengan penyiraman api. - mcr

Foto: HO BBKSDA Riau