Realisasi Dana CSR Perusahaan di Dumai Dinilai Tumpang Tindih dan Tak Tepat Sasaran


Jumat, 19 Februari 2021 - 20:47:48 WIB
Realisasi Dana CSR Perusahaan di Dumai Dinilai Tumpang Tindih dan Tak Tepat Sasaran Ketua Kadin Dumai berdiskusi dengan sejumlah LSM membahas terkait banyaknya alokasi CSR perusahaan di Dumai yang masih tumpang tindih./foto:Edi.

RIAUIN.COM - Realisasi anggaran Community Socialt Responsibility (CSR) yang merupakan dana kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat di Kota Dumai dinilai masih terjadi tumpah tindih. Sehingga, manfaatnya tidak dirasakan langsung oleh warga yang berada di sekitar areal perusahaan.

"Kami sangat menyangkan dana CSR  tujuan utamanya untuk membantu masyarakat, ternyata realisasi di lapangan terkesan tumpah tindih dan tidak sesuai dengan keinginan yang diharapkan warga tempatan," kata Ketua LSM FP2MR Rudi Bambang didampingi sejumlah pengurus LSM dalam diskusi bersama Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismani, Rabu (17/2/21).

Menurut Rudi, seharusnya perusahaan yang ada di Kota Dumai dapat memberikan kontribusi yang jelas bagi masyarakat. Kemudian, Pemko Dumai jangan terkesan membiarkan adanya realisasi CSR perusahaan yang tumpah tindih tersebut. 

"Seharusnya realisasi dana CSR ini  tepat sasaran dan mendapatkan pengawalan oleh lembaga independen. Sehingga, pendistribusiannya jelas dan tak ada kecurigaan di masyarakat," ujarnya.

Ketua Kadin Dumai Zulfan Ismani berharap, Pemko Dumai dan DPRD selaku pembuat kebijakan harus memberikan regulasi yang tepat dan menyejukkan bagi iklim investasi di Kota Dumai. 

Kemudian, tidak melupakan tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat dan perkembangan pembangunan Kota Dumai ke depan. 

"Prinsipnya peusahaan harus peduli terhadap lingkungan dan arah pembangunan kota ini ke depan supaya pembangunan berjalan dengan baik, dan masyarakat juga sejahtera," pungkasnya.--edi.