Ada Lubang Besar Bekas Semburan Gas Lumpur di Belakang Ponpes Al Ihsan Pekanbaru


Selasa, 16 Februari 2021 - 20:22:32 WIB
Ada Lubang Besar Bekas Semburan Gas Lumpur di Belakang Ponpes Al Ihsan Pekanbaru https://www.youtube.com/watch?v=Q0W9ScX3i5I

RIAUIN.COM - Kondisi semburan gas di Pesantren Al Ihsan, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, mulai reda pada Selasa (16/2/2021). Petugas gabungan dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru melibatkan ahli minyak dan gas untuk  menutup lubang semburan. 

Tim teknis dari PT Bina Mitra Artha (BMA) yang menangani semburan gas dan lumpur ini telah menyiapkan beberapa unit alat berat untuk meratakan tumpukan material di areal lokasi semburan lumpur tersebut. Material lumpur hasil semburan yang meluluhlantakkan kawasan pesantren dibersihkan untuk mengembalikan tanah seperti semula.

Selain itu, kondisi Pondok Pesantren Al Ihsan Pekanbaru yang mengalami musibah semburan gas bumi ini  hancur dan tidak layak untuk digunakan lagi. Di belakang pondok, terdapat satu lubang besar berdiameter 5 meter pada bekas lokasi semburan gas.  
Saat ini, semburan lumpur yang ke luar sudah jauh berkurang dari sebelumnya. 
Terlihat hanya gelembung-gelembung kecil lumpur didasar lubang, sedangkan material batu dan lumpur tidak lagi keluar dari lubang tersebut. Menurut petugas di lokasi, semburan gas ini tidak lagi sebesar seperti beberapa waktu lalu, kini hanya menyisakan semburan kecil saja. 

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, petugas Kepolisian, TNI, dan Tagana berjaga-jaga di posko terpadu untuk mengamankan areal semburan. – Effendi (TERAJU.TV)