Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla, Bupati Rohil: Jangan Sampai Lengah


Senin, 15 Februari 2021 - 16:45:17 WIB
Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla, Bupati Rohil: Jangan Sampai Lengah Bupati Rohil Suyatno saat memberikan pengarahan terkait penanganan karhutla./foto:Jon.

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gedung H Misran Rais, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil, Senin (15/2/2021).

Rakor yang dipimpin Bupati Rohil Suyatno itu sebagai kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menyikapi kondisi karhutla di sejumlah daerah di Riau.

Suyatno mengingatkan agar semua pihak lebih waspada dengan terjadinya karhutla di lingkungan masing-masing seiring dengan tren mulai adanya kejadian karhutla musim panas tahun 2021 ini.

"Harus waspada dengan potensi karhutla, lakukan pemantauan terus, jangan sampai lengah," kata Suyatno.

Pemkab Rohil, kata Bupati, terus memberikan dukungan untuk penanggulangan karhutla baik pemberdayaan sumber daya manusia yang terkait dengan penanganan karhutla maupun bantuan peralatan, fasilitas yang diperlukan untuk pemadaman karhutla.

Kepada masyarakat yang melakukan pembersihan lahan, lanjut Suyanto, jangan melakukan pembakaran di lahan yang rawan karlahut, terutama di lahan gambut. 

"Sekali lagi diimbau warga Rohil untuk tidak membakar lahan, terutama yang membersihkan kebun di tanah gambut," tegasnya.

Selain Bupati dan semua jajarannya, hadir saat rakor itu Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Dandim 0321 Rohil dan Forkopimda lainnya.--jon.