10 Tahun Pimpin Meranti, Irwan Nasir Dinilai Berhasil Bangun Infrastruktur Jalan Antar Desa


Ahad, 14 Februari 2021 - 13:18:55 WIB
10 Tahun Pimpin Meranti, Irwan Nasir Dinilai Berhasil Bangun Infrastruktur Jalan Antar Desa Sahrul.

RIAUIN.COM - 10 tahun menjabat sebagai Bupati Kepulauan Meranti,  Irwan Nasir dinilai berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membangun infrastruktur jalan antar desa disejumlah kecamatan. 

Sebelum dimekarkan, banyak desa di Meranti yang terisolir, karena tidak adanya akses jalan darat menuju desa tersebut. Ditambah aliran listrik belum masuk.

Namun, setelah dimekarkan dan Irwan Nasir terpilih sebagai Bupati Meranti pertama tahun 2011 silam, perlahan-lahan kondisi perekonomian masyarakat mulai berkembang, seiring dibangunnya akses jalan darat antar desa.

Kepala Desa Tasik Putri Puyu, Kecamatan Tasik Putri Puyu Sahrul mengakui, selama memimpin Meranti, Irwan Nasir dinilai berhasil membuka desa-desa terisolir, khususnya di Tasik Putri Penyu.

"Sebelum dimekarkan, kampung kami yang berada di ujung Pulau Padang tak ada jalan, hanya dikelilingi hutan. Warga sangat kesulitan untuk berurusan ke kecamatan. Tak hanya itu,  perekonomian juga sulit, karena tak ada infrastruktur dasar, seperti jalan dan listrik," kata Kades kepada Riauin.com, Ahad (14/2/2021).

Namun, setelah Kepulauan Meranti dimekarkan dan dipimpin Irwan Nasir, Desa Putri Puyu dijadikan sebagai ibukota kecamatan. Infrastruktur jalan darat yang menghubungi antar desa dibangun Pemkab Meranti setiap tahunnya.

"Alhamdullilah, saat ini jalan penghubung antar desa sudah ada.  Mulai dari Desa Meranti Bunting hingga Tanjung Padang. Bahkan, sekarang ini Desa Putri Puyu terlihat gagah dengan jalan yang sudah lebar, listrik PLN sudah bisa dinikmati warga setiap hari. 
Program strategis Pak Irwan merangkai pulau dalam membangun Meranti saya nilai berhasil," kata Sahrul.

Di bidang kesehatan, lanjutnya, juga telah dibangun Puskesmas yang setara dengan Rumah Sakit Pratama dengan fasilitas rawat inap yang sangat megah terletak di Ibukota Kecamatan. Selain itu juga telah dibangun kantor camat yang sangat megah.

"Semua insfratruktur yang dibangun di Kecamatan Tasik Putri Puyu merupakan bukti besarnya perhatian Pak Bupati terhadap kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Menurut Kades, berbeda dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau, membangun Meranti memiliki tantangan yang besar. Karena banyak desa yang berada di pulau-pulau kecil. Apalagi, material yang didatangkan umumnya dari daerah luar, yang biayanya sangat tinggi. 

"Tapi, dengan keseriusan dan kecintaan dan semangat juang Pak Irwan Nasir, Kabupaten Kepulauan Meranti masih bisa membangun sesuai dengan harapan, terutama infrastruktur dasar yang sangat vital untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi," bebernya.

"Mari kita buka hati untuk selalu bersyukur atas fasilitas yang sudah ada. Sehingga keberkahan selalu ada buat kampung kita ini, dan mari kita doa kan semoga Allah memberikan kemudahan Pak Bupati kita untuk melangkah ke depannya. Dan harapan kami agar Pak Irwan tidak melupakan kami. Kapan saja Bapak bisa hadir kembali di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.--syah.