TPA Muara Fajar Dibenahi, Antrean Panjang Armada Bongkar Sampah Tak Ada Lagi


Jumat, 12 Februari 2021 - 19:27:28 WIB
TPA Muara Fajar Dibenahi, Antrean Panjang Armada Bongkar Sampah Tak Ada Lagi TPA Muara Fajar di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, sudah rata dan memudahkan pembongkaran sampah oleh armada pengangkut sampah. | F: Istimewa

RIAUIN.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menata kembali area tempat pembuangan akhir (TPA) Muara Fajar di Kecamatan Rumbai Pekanbaru.

Menurut Kabid Pengelolaan Sampah DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, dengan meratakan sampah di TPA maka tidak ada lagi antrean panjang armada pengangkut sampah yang hendak membongkar muatannya.

"Salah satu penyebab masalah sampah di Pekanbaru adalah lambatnya proses pembongkaran muatan sampah di TPA karena mereka harus antre cukup panjang. Sekarang dengan pembenahan ini antrean tersebut tidak ada lagi," kata Hendra, Jumat (12/2/2021).

Dikatakannya lagi, saat ini kondisi TPA Muara Fajar sudah berubah. "Kondisi Muara Fajar sekarang sangat berbeda dari sebelumnya. Saat ini sampah di TPaA sudah rata, dan armada yang membongkar sampah sudah tidak perlu antrian lagi, " ujar Hendra yang baru dilantik ini. 

Menurutnya lagi, sesuai dengan intruksi Walikota Pekanbaru maka kedepannya pihaknya akan menerapkan sistem sanitary landfill pada TPA Muara Fajar ini agar efektif dan efisien. 

"Sistem sanitary landfill merupakan sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah, " jelas Hendra.

Hendra berharap dengan dukungan semua pihak permasalahan sampah di kota Pekanbaru bisa diatasi di masa transisi ini. "Dengan dukungan semua pihak diharapkan permasalahan sampah di masa transisi ini bisa diatasi," tukasnya. - tra