Wabup Halim Akui akan Bangun Pabrik Minyak Kelapa Sawit di Desa Seberang Cengar Kuansing


Kamis, 11 Februari 2021 - 17:15:00 WIB
Wabup Halim Akui akan Bangun Pabrik Minyak Kelapa Sawit di Desa Seberang Cengar Kuansing Halim.

RIAUIN.COM - Wakil Bupati (Wabup) Kuansing Halim mengaku, akan kembali fokus mengembangkan usaha perkebunan kelapa sawit di Kuansing, setelah masa jabatannya habis bulan Juni 2021 mendatang.

Bahkan, ia bersama investor lainya akan mendirikan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) di Desa Seberang Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik. Saat ini, rencana tersebut telah memasuki proses perizinan.

Di bawah bendera PT Bukit Kuansing Permai, pabrik tersebut akan didirikan di lahan seluas 14 hektar. Lahan tersebut, kata Halim, merupakan miliknya sendiri. 

“Lahan seluas 14 hektar itu akan dialihfungsikan menjadi Hak guna Bangunan (HGB). Disitulah pabrik itu akan didirikan nantinya,” ujar Halim saat berbincang dengan Riauin.com via telepon, Kamis (11/2/2021).

Halim melihat potensi usaha kelapa sawit di Kuansing masih cukup menjanjikan. Dan telah terbukti mampu mendatangkan dampak ekonomi yang sangat baik bagi masyarakat Kuansing.

Terkait adanya penolakan warga rencana pendirian pabrik tersebut, Halim menyebutkan hal itu tidak mendasar. Karena pabrik yang akan didirikannya nanti bukan berada di tengah-tengah perkampungan, seperti yang dikwatirkan warga sekitar.

“Lokasinya sangat jauh dari perkampungan, dan tidak akan merusak jalan warga. Karena pihak perusahaan akan mmbangun jalan sendiri,” tegasnya.

Warga yang menolak, menurut Halim, mestinya juga mempertimbangkan sisi positifnya bagi kemajuan perekonomian masyarakat setempat.

Setidaknya, kata dia, pabrik yang akan didirikannnya akan memperkerjakan lebih kurang 100 orang tenaga kerja. Dan tentunya akan lebih diprioritaskan warga setempat sesuai dengan keahliannya.

"Soal kekhawatiran pencemaran lingkungan terkat limbah pabrik, hal tersebut tentu sudah dikaji oleh pihak berwenang sebelum mengeluarkan izin," pungkasnya.--hen.