Penampakan Buaya Berkelahi di Sungai Tohor Meranti, Kades: Warga Harus Berhati-hati


Senin, 08 Februari 2021 - 17:06:45 WIB
Penampakan Buaya Berkelahi di Sungai Tohor Meranti, Kades: Warga Harus Berhati-hati Penampakan buaya berkelahi di Sungai Tohor Meranti./foto:Syahrul.

RIAUIN.COM - Kepala Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur,  Kabupaten Kepulauan Meranti Nordiansor mengaku khawatir dengan munculnya dua ekor buaya di Sungai Tohor baru-baru ini.

Dia mengingatkan masyarakat agar lebih hati-hati saat melakukan aktifitas di sungai. Khususnya warga yang mencari nafkah di sungai saat menghanyutkan tual sagu mereka di sepanjang Sungai Tohor tersebut.

"Kita sudah melaporkan masalah kemunculan buaya ini ke pihak kecamatan. Dalam waktu dekat kita akan rapat untuk mencari solusi persoalan ini," ujar Kades kepada Riauin.com, Senin (8/2/2021).

Nordiansor mengatakan, muara sungai ini sangat jauh, sehingga untuk menuju ke muara, buaya harus melewati Sungai Tohor dan Sungai Tohor Kiri. 

"Di sepanjang sungai ini banyak pabrik kilang sagu. Makanya kita khawatir juga sewaktu-waktu binatang buas itu menerkam warga yang sedang beraktifitas di sungai," ujarnya.

Teks Foto: Jembatan Sungai Tohor tempat warga melihat buaya berkelahi./foto:Syahrul.

Kepala Desa Sungai Tohor Kiri Efendi mengatakan, pihaknya sudah pernah menyampaikan terkait keberadaan buaya itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau. Saat itu, ada warga yang bekerja menual sagu diterkam buaya.

"Namun tidak ada penyelesaiannya, mereka datang hanya memberikan imbauan dan memasang baleho saja," ujarnya. 

Seperti diberitakan Riauin.com, 2 ekor buaya berukuran cukup besar terlibat 'adu jotos' di Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Meranti, sekira pukul 17.00 WIB, Sabtu (6/2/2021).

Momen langka ini diabadikan Safri, salah seorang warga yang kebetulan lewat di jembatan penyeberangan, saat dirinya mau ke ibukota kecamatan.

Awalnya, dari arah hulu tampak 2 ekor buaya ukuran sekitar 5 atau 6 meter menuju kuala (arah hilir). Jarak antara kedua ekor buaya itu sangat dekat. 

Dari jembatan, Safri merekam aktifitas 2 ekor binatang buas tersebut. Tampak jelas tubuh buaya berukuran cukup besar itu menuju arah hilir sungai. 

"Tak lama kemudian, buaya itu semakin mendekat, lalu berkelahi. Mungkin lagi kawin juga, mana tahu buaya itu jantan dan betina," kata Safri, saat memperlihatkan video buaya itu kepada Riauin.com, Ahad (7/2/2021).

Safri menceritakan, saat dirinya melewati jembatan, terlihat jelas 2 ekor buaya di permungkaan sungai. Saat itu air sungai sedang surut.

Melihat kejadian langka itu, Safri langsung mengeluarkan handphone-nya untuk merekam aktifitas kedua buaya tersebut.

"Sekitar 5 menit saya rekam. Awalnya buaya itu berenang mengikuti arus sungai. Tiba-tiba mereka berkelahi. Sehingga, menimbulkan gelombang cukup besar. Lalu, menghilang ke dasar sungai," pungkasnya.--syah