Yopi Usulkan Pembangunan Tebing Sungai Indragiri ke Pusat, Kades: Terimakasih Pak Bupati


Kamis, 04 Februari 2021 - 17:23:24 WIB
Yopi Usulkan Pembangunan Tebing Sungai Indragiri ke Pusat, Kades: Terimakasih Pak Bupati Kondisj tebing turap yang sangat memprihatikan./foto:argus.

RIAUIN.COM - Bupati Inhu Yopi Arianto telah mengusulkan rekonstruksi dan pemeliharaan tebing Sungai Indragiri ke Menteri Pekerjaan Umum Penataan Ruang melalui Ditjen Sumber Daya Air.

Upaya yang dilakukan Bupati itu mendapat apresiasi dari  Kepala Desa Danau Baru, Kecamatan Rengat Barat, Muhammad Ridwan.

"Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati yang telah mengusulkan  pembangunan turap tebing Danau Baru. Dimana kondisinya semakin memprihatinkan dan sebagian ruas jalan sudah longsor akibat diterjang arus Sungai Indragiri," kata Muhammad Ridwan kepada Riauin.com, Kamis (4/2/2021).

Dengan telah diusulkan ke Kementerian PUPR, dia berharap tahun anggaran 2021 ini pembangunan turap tebing Sungai Indragiri mulai dikerjakan. Sehingga bangunan tribun pacu jalur bisa dimanfaatkan lagi dan ruas jalan dapat diselamatkan dari kehancuran akibat gerusan air Sungai Indragiri. 

"Kita berharap juga kepada Pak anggota DPR RI dari Partai PKS  Syahrul dan Kepala Balai Sungai Sumatera Wilayah III yang pernah turun meninjau kondisi turap tebing agar dapat bersama-sama ikut mengawal usulan tersebut," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan kawasan danau hilir juga sudah diusulkan ke Kementerian.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Inhu Efri membenarkan telah diusulkan rekonstruksi dan pemeliharaan tebing turap danau baru dan kawasan danau hilir ke Menteri PUPR RI. 

"Sekira bulan Januari 2020, usulannya sudah kita sampaikan ke Menteri melalui Dirjen SDA," ungkap Efri.--argus.