Hadiri Panen Raya di Kuala Kampar Pelalawan, Wagubri: Tingkatkan Kerjasama dengan Pemerintah


Kamis, 04 Februari 2021 - 13:51:20 WIB
Hadiri Panen Raya di Kuala Kampar Pelalawan, Wagubri: Tingkatkan Kerjasama dengan Pemerintah Wagubri Edy Natar Nasution panen raya di Pelalawan./foto:deli.

RIAUIN.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri panen raya padi bebas rasidu di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Rabu (03/02/2021). 

Wagubri mengatakan, untuk peningkatan kesejahteraan petani,
tanaman padi bebas residu yang dipanen saat ini memiliki mutu yang bagus. Tentunya terobosan ini perlu ditingkatkan dengan melakukan pengembangan lahan, khususnya di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Kuala Kampar. 

"Tentu saja perlu peningkatan dalam kerjasama pemerintah dan para petani. Kalau ini terus dikembangkan, saya sangat yakin pertanian padi kita semakin bertambah maju," jelas Wagubri.

Dalam rangkaian acara tersebut Wagubri juga berdialog bersama kelompok tani. Hamdani, salah seorang ketua kelompok tani yang juga Kepala Desa Teluk Bakau mengharapkan kepada Wagubri agar menurunkan bantuan berupa alat pertanian berupa kobelco. 

"Saat ini para oetani butuh alat berat Kobelco untuk membuat turap pantai. Sebab, lahan yang dipanen saat ini sudah tidak jauh dari pantai. Turap yang ada saat ini dari pantai sekitar 20 meter,  jika tidak teratasi dari sekarang lahan ini akan amblas dimasuki air asin," ujar Hamdani.

Kemudian bantuan 4 unit traktor roda 4 sebagai alat pengolahan lahan pertanian. Pembangunan infrastruktur jalan Lingkar Pulau Mendul yang masih belum terselesaikan.

"Ini sebagai pendukung majunya perekonian masyarakat petani di Kuala Kampar," ujarnya.

Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, di Kecamatan Kuala Kampar mempunyai luas lahan pertanian sekitar 9.200 Ha dan yang baru tertanam sekitar 7.200 Ha.

Penanaman padi sistem bebas rasidu ini baru sekitar 450 ribu Ha. sedangkan bibit IP 200 sekitar 3200 Ha, selanjutnya lahan bebas residu di Desa Teluk Bakau berjumlah 450 Ha. 

“Saya sangat berharap kepada Bapak Wakil Gubernur agar lebih memperhatikan Kabupaten Pelalawan yang selama ini masih diperlukan peningkatan dan perkembangan dalam menuju Pelalawan sejahtera disegala bidang," ujar Bupati Harris.

Tampak hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Kasrem 031/WB Kolonel Inf Junaedi M, Dandim 0313/Kpr Letkol Inf Leo Oktavianus M. Sinaga, Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, Kejari Pelalawan Nophy T. Suoth, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharudin serta undangan lainnya.--deli.