Warga Desa Sungai Tohor Barat Dambakan Jalan Menuju Selatpanjang


Ahad, 31 Januari 2021 - 15:37:45 WIB
Warga Desa Sungai Tohor Barat Dambakan Jalan Menuju Selatpanjang Warga memanfaatkan jalan Lukun-Sungai Tohor menuju Selatpanjang./foto:Syahrul.

RIAUIN.COM - Kepala Desa Sungai Tohor Barat Nordiansor mengaku, warganya sangat mendambakan pembangunan akses jalan darat menuju Kota Selatpanjang. Hal itu sejak dibukanya Jalan Lintas Lukun-Sungai Tohor, sehingga memudahkan warga untuk beraktifitas. Sebab, selama ini warga hanya mengandalkan jalur laut untuk menuju Selatpanjang.

"Ada warga Kepau Baru bercerita sama saya, agar pemerintah daerah juga membangun akses jalan darat menuju Selatpanjang. Sementara akses jalan dari Desa Kepau Baru menuju Sungai Tohor Barat sepanjang 4 kilometer kondisinya sangat memprihatinkan. Sejak tahun 2001 belum dilakukan pengerasan," kata Nordiansor kepada Riauin.com, Ahad (31/1/2021).

Kepala Desa Lukun Lukman  mengatakan, saat dirinya mendampingi Kadis PU Meranti meninjau Jalan Lintas Lukun-Sungai Tohor yang selesai dibangun, sangat dirasakan  manfaatnya bagi warga desa-desa terdekat.

Namun, bagi warga yang bermukim di desa yang jauh dari ibukota kecamatan seperti Desa Teluk Buntal, Tanjung Gadai dan Kepau Baru, juga membutuhkan akses jalan darat.

" Tentu warga sangat berharap agar akses jalan darat menuju desa mereka bisa dibangun. Ini menjadi PR bagi anggota DPRD Meranti dari dapil Tebingtinggi Timur untuk memperjuangkan aspirasi warga agar 
Jalan Lintas Kepau Baru menuju Sungai Tohor Barat dibuka, kemudian Desa Tanjung Gadai dan Teluk Buntal menuju Tanjung Sari bisa dibuka juga," jelasnya.

Camat Tebingtinggi Timur Tunjiarto mengatakan, pihaknya juga sudah sering menerima masukan dari warga di sejumlah desa agar akses jalan dibuka. Diperkirakan jalan dari Desa Kepau Baru menuju Sungai Tohor Barat, Desa Teluk Buntal dan Desa Tanjung Gadai menuju Desa Tanjung Sari panjangnya sekitar 34 km.

"Jika pembangunan jalan sepanjang 34 km ini terealisasi, maka tidak ada lagi desa di Tebingtinggi Timur yang terisolasi," ujar Camat.--syah.