Penumpang Speadboat Sepi, Sejak Jalan Lukun-Sungai Tohor Selesai Dibangun


Ahad, 31 Januari 2021 - 15:14:34 WIB
Penumpang Speadboat Sepi, Sejak Jalan Lukun-Sungai Tohor Selesai Dibangun Penumpang speadboat Kepau Jaya Ekspres./foto:syahrul.

RIAUIN.COM - Sejak Jalan Lintas Lukun-Sungai Tohor di Kabupaten Meranti selesai dibangun, berdampak positif terhadap perkonomian warga. Sebab, semakin memudahkan masyarakat di Kecamatan Tebingtinggi Timur menuju Kota Selatpanjang. 

Kondisi ini tentunya berdampak negatif terhadap pengusaha jasa armada laut. Buktinya, jumlah penumpang speadboat dari Selatpanjang menuju Tebingtinggi Timur atau sebaliknya jauh berkurang.

Pengurus speadboat Kepau Jaya Ekspres Apeng mengakui, sejak akses jalan darat Lukun-Sungai Tohor menuju Kota Selatpanjang dibuka, penumpang menjadi sepi. Sebab, warga lebih memilih akses jalan darat dengan membawa sepeda motor ke Selatpanjang.

"Iya, jumlah penumpang dari Tebingtinggi Timur turun drastis sejak akses jalan Lukun-Sungai Tohor dibuka. 
Biasanya kalau hari libur ini penumpang  membludak, tapi hari ini jauh berkurang," kata Apeng kepada Riauin.com, Ahad (31/1/2021).

Sebelum jalan lintas dapat dimanfaatkan warga, lanjut Apeng, jumlah penumpang speadboat dari Kecamatan Tebingtinggi Timur dalam sehari berkisar antara 40 hingga 50 orang. Namun, kondisi ini langsung berubah drastis sejak beberapa minggu terakhir.

"Bahkan, hari Jumat kemaren penumpang Kapau Jaya Ekspres dari Tebingtinggi Timur cuma 11 orang. Sekarang kiya hanya berharap penumpang dari Desa Kepau Baru, Teluk Buntal, Tanjung Gadai, Tanjung Samak dan Topang," jelasnya.

Arul, warga Tebingtinggi Timur yang ditemui Riauin.com menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Meranti yang telah membuka akases jalan dari kampungnya menuju Selatpanjang.

Upaya Pemkab membuka daerah-daerah yang selama ini terisolasi dengan membangun jalan darat semakin memudahkan warga untuk beraktifitas. 

"Tentunya dengan dibuka akses jalan darat menuju Selatpanjang ini sangat menguntungkan masyarakat desa. Mereka semakin mudah membawa hasil kebun dengan jalan darat," ujarnya.--syah.