Bupati Asahan Buka Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Bawono


Jumat, 01 Januari 2021 - 18:03:19 WIB
Bupati Asahan Buka Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Bawono Bupati Asahan H Surya BSc membuka secara resmi Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Bawono. | F: Humas Pemkab Asahan

RIAUIN.COM - Bupati Asahan H Surya BSc bersama Wakil Bupati terpilih Taufik Zainal menghadiri sekaligus membuka Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Bawono di Jalan langsat Kelurahan Sentang Kecamatan Kisaran Timur, Sabtu (2/1/2021) siang. Turut hadir dalam acara itu mewakili Dandim 0208 Kabupaten Asahan Kapten  Inf Nuryanto, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya, Plt. Camat Kisaran Timur H Rahmat Hidayat Siregar dan Lurah Sentang.

Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada masyarakat  kelurahan Sentang untuk selalu melestarikan seni budaya dari masing-masing etnis yang berada di Kabupaten Asahan. Dia juga menyampaikan apresiasi kepada ketua panitia elaksana Haris Munandar,SSTP dan seluruh masyarakat Sentang karena dengan digelarnya acara ini selain dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda dalam memperkokoh jati diri bangsa, juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni budaya yang dimiliki bangsa ini khususnya budaya Reog Gembong Bawono.

"Selain itu juga untuk menumbuhkan Kecintaan terhadap keanekaragaman budaya  khususnya pada Budaya Reog Gembong Bawano," ujarnya.
 
Lebih lanjut H Surya juga menyampaikan bahwa pada era kepeminpinannya lima tahun kedepan bersama Taufik Zainal Abidin SSos MSi akan terus melakukan pembinaan terhadap potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Asahan untuk lebih dilestarikan.
 
“Budaya merupakan jati diri bangsa yang harus terus dilestarikan," pungkasnya.
 
Sebagai tanda dimulainya kegiatan Gebyar Seni Budaya Reog Gembong Buwono Bupati Asahan bersama Wakil Bupati Terpilih melakukan pemukulan gong.
 
Sementara itu pada kesempatan yang sama Plt. Camat Kota Kisaran Timur yang juga  Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran bupati Asahan dan Wakil Bupati terpilih di acara Gebyar Reog Gembong Buwono yang digelar tersebut.
 
“Ini merupakan kehormatan bagi kami warga Kelurahan Sentang, karena di sela-sela kesibukan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, masih meluangkan waktu hadir di acara yang digelar pada hari ini," ungkap Rahmat.
 
Lebih lanjut Rahmat menjelaskan tujuan dari pelaksanaan gelaran Gebyar Reog Gembong Buwono untuk melestarikan kekayaaan budaya yang dimiliki bangsa ini. Diharapkan kedepannya generasi muda dapat mengenal dan mencintai budayanya sendiri. - ADV