Kontrak Chevron Berakhir Agustus 2021, Pertamina Punya Kuasa Penuh Terhadap Blok Rokan


Jumat, 29 Januari 2021 - 16:37:02 WIB
Kontrak Chevron Berakhir Agustus 2021, Pertamina Punya Kuasa Penuh Terhadap Blok Rokan Sumur minyak Blok Rokan yang merupakan aset berharga Provinsi Riau.

RIAUIN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau saat ini sedang mempersiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ikut mengelola ladang minyak Blok Rokan, pasca alih kelola dari pihak Chevron ke PT Pertamina, Agustus 2021 mendatang. 

Kendati demikian, Pertamina memiliki kewenangan penuh untuk menentukan perusahaan mana saja yang ikut serta mengelola ladang minyak tersebut. 

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau Indra Agus Lukman mengatakan, selain BUMD, saat ini banyak pihak swasta yang berkompeten dan berkeinginan untuk ikut mengelola Blok Rokan. Nantinya pihak swasta itu juga bisa bekerjasama dengan BUMD Riau.

"Untuk jasa penunjang, BUMD kita kan banyak juga. Apalagi pihak swasta, nanti tinggal kerjasama pihak swasta dengan BUMD kita. Kalau untuk jasa penunjang Riau sangat siap. Tapi tetap yang menentukan nantinya pihak Pertamina," kata Indra, Jumat (29/1/2021).

Sementara itu, terkait tenaga kerja yang ada saat ini pasca alih kelola tersebut, menurut Indra, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar juga  sudah membicarakan dengan Pertamina terkait tenaga kerja. Dimana, dalam pertemuan itu pihak Pertamina berkomitmen akan tetap menggunakan tenaga kerja saat ini, yang juga merupakan putra daerah.

"Terkait tenaga kerja juga sudah dibicarakan, dari hasil pertemuan Pak Gubernur dengan Pertamina, mereka berkomitmen menggunakan tenaga kerja yang ada saat ini," ujarnya.--mcr/nal.