Buka MTQ Rangsang, Rosdaner: Semoga dengan Berkah Alquran Allah Angkat Wabah Corona


Kamis, 21 Januari 2021 - 13:29:42 WIB
Buka MTQ Rangsang, Rosdaner: Semoga dengan Berkah Alquran Allah Angkat Wabah Corona MTQ tingkat Kecamatan Rangsang resmi dibuka./foto:syahrul.

RIAUIN.COM - Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Rangsang. Kecamatan yang berbatasan dengan Selat Melaka ini menggelar pembukaan MTQ pada Selasa (19/01/2021) malam, di Halaman Masjid Al-Islah Desa Tanjungsamak

Meski dilaksanakan sederhana mengikuti protokol kesehatan, namun tetap berlangsung meriah dan menarik. Desain astaka berbentuk miniatur masjid dengan lampu spiral yang melilit terlihat indah terlebih ditambah pencahayaan yang artistik.

Asisten III Setdakab Meranti Bidang Administrasi Umum Rosdaner mewakili Bupati secara resmi membuka kegiatan itu, didampingi anggota DPRD HM Hatta. Turut mendampingi Plt Kabag Kesra Rudi Hasan dan perwakilan dari Kemenag, Satpol PP, serta staf Humas dan Protokoler. Acara pembukaan ini juga dihadiri seluruh Upika Kecamatan Rangsang. 

Dia berharap agar Rangsang dapat tampil maksimal di MTQ kabupaten nanti. Selama ini, Rangsang menjadi salah satu gudang qari dan qari'ah andalan di Meranti. 

"Tahun lalu kita tidak dapat melaksanakan MTQ akibat dampak pandemi. Namun tahun ini kita bertekat untuk tetap melaksanakan MTQ agar anak-anak kita memiliki wadah untuk unjuk kemampuan selain juga sebagai syiar agama," ungkap dia. 

Menurutnya, MTQ lebih dari sekedar lomba seni baca Alquran. Tetapi hendaklah dimaknai sebagai peningkatan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga berkah Alquran ini, Allah angkat wabah Covid-19 ini dari daerah kita dan muka bumi ini," harapnya. 

Camat Rangsang Tengku Arifin mengungkapkan, MTQ merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Selain sebagai salah satu bentuk syiar Islam, kegiatan tersebut juga menjadi ajang silaturrahmi para kafilah dari seluruh desa di Kecamatan Rangsang. 

"Antusias masyarakat mengikuti MTQ ini sangat besar. Namun beberapa iven tidak dapat dilaksanakan untuk memeriahkan MTQ ini akibat pandemi Covid-19 seperti pawai taaruf dan bazar," ungkapnya. 

Setelah pembukaan dilakukan oleh Asisten III, lampu-lampu langsung dinyalakan sehingga astaka tampak indah. Selanjutnya dilakukan pemukulan gong tanda MTQ tersebut dimulai secara resmi. Sebelum itu, dilakukan pelantikan Dewan Hakim MTQ oleh Camat Rangsang.--syah.