Banjir Masuk ke Puskesdes Penyagun, Pelayanan Kesehatan Lumpuh Total


Sabtu, 16 Januari 2021 - 13:36:45 WIB
Banjir Masuk ke Puskesdes Penyagun, Pelayanan Kesehatan Lumpuh Total Puskesdes Penyagun digenangi banjir./foto:syahrul,

RIAUIN.COM - Kendati curah hujan mulai berkurang, namun Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) Penyagun di Kecamatan Rangsang, Kabupaten Meranti belum bisa difungsikan alias lumpuh total hingga Sabtu (16/1/2021).

Pasalnya, akibat tingginya curah hujan beberapa hari belakangan dan ditambah air pasang naik sehingga ruangan di Puskesdes digenangi air hingga 40 centimeter.

Kepala Desa Penyagun Muhammad Nor mengatakan, sudah satu minggu Puskesdes ini tidak bisa melayani masyarakat karena banjir susulan dan ditambah air pasang naik.

"Benar, sudah seminggu ini Puskesdes lumpuh total dan tak bisa melayani warga yang mau berobat," kata Nor menjawab Riauin.com, Sabtu (16/1/2021).

Akibat tak bisa difungsikan, lanjut Kades, petugas di Puskesdes itu untuk sementara tinggal di Desa Tebun. Bagi warga yang ingin berobat terpaksa menghubungi petugas terlabih dahulu.

"Kondisi ini sudah kita sampaikan ke Camat Rangsang agar persoalan ini segera disikapi," jelasnya.

Dampak banjir tahun ini tidak hanya mengakibat terganggunya pelayanan warga di Puskesdes, namun banyak juga hasil pertanian warga yang mati seperti tanaman ubi dan cabe.

"Tahun lalu tak pernah seperti ini, karena jarak bibir pantai laut dengan area perumahan warga lebih kurang 4 km. Tapi sekarang ini akibat tingginya tekanan air hujan makanya terjadi banjir dan ditambah air pasang naik," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Kades, areal di sekitar Puskesdes struktur tanahnya agak rendah, termasuk musholla dan  sekolah.

"Kita berharap kondisi ini dapat segera disikapi pemerintah daerah," pungkasnya.--syah.