Hari Ketiga Pencarian Sriwijaya Air, Basarnas Perluas Area Operasi Jadi 6 Sektor


Senin, 11 Januari 2021 - 10:17:33 WIB
Hari Ketiga Pencarian Sriwijaya Air, Basarnas Perluas Area Operasi Jadi 6 Sektor Basarnas akan perluas area operasi pencarian kecelakaan Sriwijaya Air pada hari ini, Senin (11/1)/Net

RIAUIN.COM - Operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang dilakukan tim gabungan telah memasuki hari ketiga. Basarnas pun memastikan akan memperluas area pencarian.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman, selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengatakan bahwa area pencarian diperluas menjadi 6 sektor.

“Sebelumnya, pada hari pertama dan kedua kemarin dibagi dalam empat sektor,” ucap Rasma di Posko SAR Gabungan di Pelabuhan JICT II, TanjungvPriuk, Senin (11/1).
Rasman menambahkan, pencarian itu dikonsentrasikan tim gabungan di bawah permukaan laut. Namun tetap dilakukan pencarian di permukaan air sampai dengan penyisiran ke pesisir pantai-pantai sesuai perhitungan teknis SAR.

“Pencarian di bawah air menggunakan Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV),” imbuhnya.

Unsur-unsur SAR yang dikerahkan pada hari ini juga bertambah. Ada sekitar 2.600 personel yang terlibat langsung dalam operasi pencarian Sriwijaya Air SJ-182.

Untuk alut SAR laut yang digunakan di antaranya 53 kapal yang memiliki spesifikasi untuk pencarian dan pertolongan, Sea rider, jetski, RIB yang berjumlah sekitar 20 unit.

Menurut Rasman, pengerahan seluruh perlatan tersebut sangat efektif sesuai keperluan misi SAR di area pencarian.

Sementara alut SAR udara yang standby sebanyak 13 unit. Siap digunakan sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu pelaksanaan operasi hari ini. Sedangkan ambulans yang standby ada 12 unit. -dani