Menang Telak, Juventus Berikan Kekalahan Perdana Bagi AC Milan Musim Ini


Kamis, 07 Januari 2021 - 07:33:38 WIB
Menang Telak, Juventus Berikan Kekalahan Perdana Bagi AC Milan Musim Ini Federico Chiesa mencetak dua gol Juventus ke gawang AC Milan di San Siro, Kamis (7/1/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP)

RIAUIN.COM - Juventus sukses memberikan kekalahan perdana musim ini bagi AC Milan. Bianconeri menang 1-3 atas tuan rumah Rossoneri di laga lanjutan Liga Italia Serie A yang digelar di Stadion San Siro, Kamis (7/1/2021).

Tiga gol Juventus dicetak oleh Federico Chiesa di menit 18 dan 62, ditambah satu gol lainnya dari Weston McKennie di menit 76. Sementara satu gol AC Milan diciptakan Davide Calabria di menit 41.

Meski mengalami kekalahan perdana musim ini, AC Milan masih bertengger di puncak klasemen sementara Serie A dengan raihan 37 poin. Ini karena pesaing terdekatnya juga mengalami kekalahan saat bertandang ke markas Sampdoria dengan skor 2-1. Dua tim sekota ini berselisih satu poin saja.

Sementara bagi Juventus, raihan tiga poin menjadikan Si Nyonya Tua merangsek ke peringkat empat dengan 30 poin.

Laga baru saja dimulai, kedua tim langsung saling jual beli serangan. Juve melepaskan tembakan lewat Paulo Dybala dan langsung dibalas Milan lewat sepakan keras Rafael Leao. Namun tak ada gol dari upaya itu.

Setelah beberapa kali saling balas serangan, Juventus berhasil unggul di menit 18 lewat aksi Chiesa. Aksi umpan satu dua dengan Dybala diakhiri sepakan keras pemain yang dibeli dari Fiorentina itu, bola tak bisa ditepis kiper Donnarumma, skor 0-1 untuk Juventus.

Tertinggal satu gol, Milan mencoba terus menekan untuk mengejar ketertinggalan. Berkali-kali aksi mereka bisa diredam barisan pertahanan Juve yang dikomandoi Leonardo Bonucci.

Milan akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-41 melalui skema serangan balik cepat. Leao memberikan umpan mendatar yang disambut tembakan langsung oleh Davide Calabria dari dalam kotak penalti. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, AC Milan makin bernafsu menekan Juventus. Sepakan keras Dalot di awal babak kedua berhasil ditepis kiper Juve, Szczesny.

Beberapa kali diserang, justru Juventus yang berhasil mencetak gol keduanya. Lagi-lagi dicetak oleh Chiesa di menit 62. Usai mencetak dua gol, Chiesa langsung ditarik digantikan Kulusevski.

Tertinggal lagi, Milan kembali terus menekan. Sayang, upaya mereka tetap saja menemui jalan buntu karena memang Juventus memilih lebih banyak bertahan.

Keasyikan menyerang, Milan kebobolan lagi. Berawal dari skema serangan balik, Kulusevski menyisir sisi kiri pertahanan Milan. Masuk kotak penalti dengan cerdik ia melepas umpan yang tak bisa dihalai para bek Milan, McKennie yang sudah menunggu langsung melepaskan tendangan keras tanpa bisa dihalai Donnarumma, skor berubah 1-3.

Tertinggal makin dalam, pelatih Milan, Stefano Pioli mencoba melakukan banyak pergantian. Sayang, mereka gagal mencetak gol dan harus merasakan kekalahan perdana di musim ini.

Susunan pemain

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma; Diogo Dalot, Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Davide Calabria, Franck Kessie; Samu Castillejo, Hakan Calhanoglu, Jens Hauge; Rafael Leao.

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Gianluca Frabotta; Federico Chiesa, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Aaron Ramsey; Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala.

-dani