Tahun Ini, Meranti Usulkan 130 Tenaga Guru PPPK ke Pusat


Rabu, 06 Januari 2021 - 18:15:27 WIB
Tahun Ini, Meranti Usulkan 130 Tenaga Guru PPPK ke Pusat Sejumlah guru sedang melaksanakan upacara./foto:net.

RIAUIN.COM - Tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan merekrut ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dimana, sebanyak 130 formasi khusus untuk tenaga guru telah diusulkan ke KemenPAN-RB.

"Saat ini, kita masih dalam proses pengusulan ke KemenPAN-RB. Usulan kita sebanyak 130 orang. Penempatannya akan disebar di seluruh wilayah Kepulauan Meranti,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti Bakharuddin, Rabu (6/1/2021).

Ia mengungkapkan, sebelumnya ada sebanyak 530 formasi guru sesuai didata pokok pendidikan (dapodik) yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti. Namun mengingat kemampuan anggaran daerah yang terbatas, maka 130 formasi yang dapat di input dan diusulkan untuk tahun ini.

"Tidak bisa kuota lebih banyak mengingat kemampuan anggaran daerah yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan keuangan PPPK tersebut nantinya. Sebab mulai dari gaji pelaksanaan pelatihan dasar (latsar), sampai dengan tunjangan fungsional dibebankan kepada anggaran daerah," terang Bakharuddin. 

Dia mengatakan, PPPK ini dikhususkan untuk tenaga guru. Dimana, guru yang masih berstatus honor akan ditingkatkan statusnya. Sehingga pengabdiannya bisa lebih besar dengan peningkatan pendapatan.

“PPPK ini hampir sama dengan PNS. Perbedaannya hanya tidak mendapatkan dana pensiun seperti PNS,” ujarnya.

Ditambahkan Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai, Budi Hardiantika, bahwa guru honor dinas ataupun honor komite sekolah berhak mengikuti seleksi untuk penerimaan tersebut, dengan catatan harus sudah terdaftar dalam dapodik.

"Nantinya setelah disetujui usulan PPPK tersebut, maka peserta tetap melalui mekanisme tes, seperti penerimaan CPNS. Kemungkinan dalam perekrutan akan dilakukan sebanyak tiga tahap,’’ ujarnya.***