Bawaslu Riau Raih Penghargaan Terbaik ke-7 se-Indonesia Atas Penggunaan Aplikasi Siwaslu


Rabu, 06 Januari 2021 - 16:22:30 WIB
Bawaslu Riau Raih Penghargaan Terbaik ke-7 se-Indonesia Atas Penggunaan Aplikasi Siwaslu Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Riau, Neil Antriksa, A.Md., SH., MH

RIAUIN.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum  (Bawaslu) Provinsi Riau meraih penghargaan   terbaik ketujuh se-Indonesia  atas penggunaan Sistem Pengawas Pemilu (Siwaslu) pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 dari Bawaslu RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Riau, Neil Antriksa, A.Md., SH., MH, bahwa penghargaan tersebut diterima langsung saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Pelaksanaan Pusat Pendidikan Pengawasan Partisipatif Tahun 2021 di kota Malang beberapa waktu lalu.

Saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, (6/1/2021) Neil menyebutkan bahwa penghargaan ini diberikan dengan kategori upload aplikasi Siwaslu terbaik se-Indonesia.

"Ada beberapa provinsi di Indonesia yang dinilai baik oleh Bawaslu RI, salah satunya Bawaslu Riau yang meraih peringkat ke-7 kategori upload ke aplikasi siwaslu", ujarnya.

Ditanya tentang bagaimana cara kerja aplikasi siwaslu tersebut, beliau menjelaskan bahwa pada hari itu juga, Pengawas TPS menyampaikan hasil pengawasannya baik itu pada saat pencoblosan, penghitungan suara, perolehan suara maupun kejadian-kejadian lain seperti terjadinya kecurangan yang ada di TPS langsung di upload ke aplikasi Siwaslu.

"Siwaslu ini adalah aplikasi dirancang  dengan tujuan agar bisa mendeteksi se-dini mungkin laporan-laporan serta hal-hal yang terjadi pada hari pemilihan dan memastikan bahwa seluruh jajaran Bawaslu bekerja dengan baik", jelasnya.

Untuk diketahui, pada pilkada serentak 2020 lalu, diikuti oleh 9 dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Atas Raihan prestasi tersebut, Neil menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajaran pengawas pemilu, mulai dari Pengawas TPS (PTPS), Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), Pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) dan Bawaslu Kabupaten/Kota yang telah mengawasi pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 dengan  baik.

"Meskipun masa pandemi, tapi kita berhasil melaksanakan pemilihan ini tanpa adanya klaster pilkada, dan tidak menyurutkan semangat kawan-kawan untuk terus mengupload laporannya ke siwaslu sehingga kita meraih nilai tertinggi. Kami Bawaslu Riau menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh PTPS, PKD, Panwascam dan Bawaslu tingkat kabupaten/kota", tutupnya. -dani