Tahap Awal, 35.985 Orang Tenaga Kesehatan di Riau Siap Divaksinasi


Selasa, 05 Januari 2021 - 11:54:06 WIB
Tahap Awal, 35.985 Orang Tenaga Kesehatan di Riau Siap Divaksinasi Kadis Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir saat memberikan keterangan di gudang Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi Dan Logistik Kesehatan pada Selasa, (5/1/2021)

RIAUIN.COM - Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir dalam keterangannya menyebutkan bahwa  20 ribu dosis Vaksin Covid-19 telah sampai di gudang Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi Dan Logistik Kesehatan pada Selasa, (5/1/2021) pukul 08.00 WIB.

Vaksin yang dikirim dari Biofarma Bandung ini terbagi dalam beberapa poli dan disimpan dalam ruangan berpendingin khusus di gudang penyimpanan vaksin.

"Vaksin ini terdiri dari 11 poli, 10 poli diantaranya masing-masing berjumlah 1960 vaksin dan 1 poli berjumlah 400 vaksin jadi total keseluruhannya 20 ribu dosis vaksin", ujarnya.

Untuk tahap awal, sebayak 35.985 orang tenaga kesehatan di Provinsi Riau akan menerima vaksinasi sesuai dengan entri data dari masing-masing dinas kesehatan di 12 kabupaten/kota.

"Sesuai rencana, tanggal 14 Januari akan dilakukan vaksinasi secara serentak di seluruh wilayah indonesia yang bertujuan untuk menimbulkan kepercayaan dan rasa aman bagi masyarakat  sehingga tidak ada lagi keraguan untuk penggunaan vaksin produksi China ini",jelasnya.

Saat ini Pemerintah Provinsi Riau baru menerima 20 ribu dari total  4,8 juta vaksin yang akan diterima secara bertahap yang pendistribusiannya dimulai dari Januari sampai April 2021.

Tahap kedua pendistribusian vaksin dari April sampai Maret 2022 yang diperuntukkan untuk masyarakat dan akan dilaksanakan secara teknis oleh masing-masing Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

"Untuk pelaksanaannya nanti, secara teknis daerah yang akan menentukan dan akan dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas serta sarana kesehatan setempat yang sudah terdaftar sebagai pelaksana vaksinasi," tutupnya.- dani