Sering Lakalantas Akibat Jalan Licin di Rengat, Ini Jawaban Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Riau


Senin, 04 Januari 2021 - 17:35:35 WIB
Sering Lakalantas Akibat Jalan Licin di Rengat, Ini Jawaban Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Riau Truk terbalik saat melewati jalan licin di Rengat beberapa waktu lalu./foto:argus.

RIAUIN.COM - Polres Indragiri Hulu (Inhu) menerima jawaban dari Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Riau terkait 
sering terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Jalan Nasional Rengat-Pematang Reba atau dekat Gereja HKBP Rengat di Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Riau Rahmad Parulian tanggal 4 Januari 2021 disebutkan, mengenai laporan dari Polres Inhu tentang ruas jalan raya Rengat-Pematang Reba yang licin dan sering terjadi lakalantas.

Menurut Rahmad, jalan sepanjang 500 meter yang licin itu akibat slurry seal. Dimana, over pemakaian aspal emulsi yang berlebih sehingga permukaan eksisting badan jalan menjadi licin. 

"Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah, pertama dilakukan prime coat ulang dan dilakukan pelapisan ulang dengan jenis perkerasan Laston AC-WC 4 cm yang akan dilaksanakan paling lambat 9 Januari 2021 mendatang," jelasnya.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal melalui PS Paur Humas Aipda Misran mengatakan, sebelumnya Polres Inhu telah menyurati Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Riau terkait seringnya terjadi kecelakaan di Jalan Rengat-Pematang Reba akibat permukaan aspal licin, apalagi disaat hujan.

Berdasarkan data dari Unit Lakalantas Polres Inhu, lanjut Misran, sejak November sampai Desember 2020 lalu, sudah terjadi 4 kali kecelakaan pada titik jalan yang sama.
Dengan rincian 3 korban meninggal dunia, 5 korban luka berat dan kerugian materi mencapai Rp 82 juta.

"Kepada para pengendara roda dua dan empat diminta untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika melewati ruas jalan tersebut, apalagi saat hujan turun, " kata Misran, Senin (4/1/2021).--argus.