Kemenag Pekanbaru Serahkan 4 Sertifikat Wakaf dan Targetkan Setiap Kecamatan Miliki Wakaf Mart


Sabtu, 02 Januari 2021 - 12:44:06 WIB
Kemenag Pekanbaru Serahkan 4 Sertifikat Wakaf dan Targetkan Setiap Kecamatan Miliki Wakaf Mart Sekda Kota Pekan baru Muhammad Jamil menerima Sertifikat Wakaf dai Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru, Sabtu (2/1/2021)/foto:dani

RIAUIN.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru peringati Hari Amal Bakti Kementrian Agama yang ke 75, Sabtu (2/1/2021). Acara ini  dihadiri oleh  Sekda Kota Pekanbaru sejumlah kepala dinas, dan seluruh kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di kota Pekanbaru.

Dalam acara ini Kantor Kementterian Agama kota Pekanbaru  menyerahkan 4 sertifikat wakaf uang, yang diantaranya diserahkan kepada Sekda Kota Pekanbaru, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) perwakilan Pekanbaru, dan Sekretaris BWI Perwakilan Pekanbaru.

Menurut Haryati yang merupakan Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru dan juga merupakan Sekretaris BWI perwakilan kota Pekanbaru, bahwa mulai Agustus 2020 Kemenag telah memulai gerakan wakaf uang.

"Secara aturan, wakaf uang di atas Rp1 jutan harus diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan syariah pengelola wakaf uang yang dalam hal ini adalah Bank Syariah Mandiri, dan sejauh ini dana yang sudah terkumpul dalam gerakan ini mencapai 200 juta rupiah dalam bentuk wakaf uang dan wakaf melalui uang, terangnya.

Dana yang diterima dari program gerakan wakaf ini digunakan untuk membangun Wakaf Mart di Tenayan Raya yang progresnya sudah 70 persen. Sedangkan kebutuhan untuk membangun Wakaf Mart menelan biaya sekitar 350 juta rupiah sampai selesai.

"Sejauh ini pembangunan Wakaf Mart di Tenayan Raya sudah mencapai 70 persen dan telah menyerap dana sekitar 150 juta yang ditargetkan selesai Januari ini, untuk tahap awal BWI akan bersinergi dengan Baznaz dalam pengembangan program Wakaf Mart ini", jelasnya.

BWI juga menargetkan setiap kecamatan di Kota Pekanbaru memiliki Wakaf Mart nantinya. Sehingga ia dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja dan mendukung UMKM kecil dalam mengembangkan usahanya dengan menyediakan satu unit los khusus sistem sewa.-dani