Jokowi Mau Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Menkes Pasang Badan


Rabu, 30 Desember 2020 - 20:49:51 WIB
Jokowi Mau Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19, Menkes Pasang Badan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius

RIAUIN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19. Budi Gunadi Sadikin menyebut dirinya sebagai menteri kesehatan justru harus disuntik pertama untuk menjamin vaksin sudah aman.
 
"Kalau Bapak Presiden (Jokowi) disuntik, sudah pasti menteri kesehatannya harus disuntik duluan," kata Budi dalam telekonferensi, Rabu, 30 Desember 2020.
 
Budi tak mau berbicara banyak soal pernyataan Jokowi yang telah dulu beredar menjadi orang  pertama yang bakal disuntik vaksin jika izin edar terbit. Budi memiliki tanggung jawab besar untuk menjamin keamanan vaksin sebelum disuntikkan ke orang lain.

Apalagi, Jokowi berposisi sebagai kepala negara. "Karena kita harus menjaga keamanan Bapak Presiden. Itu adalah tugas kita," ujar Budi.
 
Presiden Jokowi ingin menghadirkan kepercayaan di tengah masyarakat ihwal keamanan vaksin covid-19. Jokowi menjamin vaksin covid-19 Sinovac dari Tiongkok aman.
 
"Saya yang akan menjadi yang pertama divaksin," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Desember 2020.- dani