Gelar Webinar Jurnalisme, Hima Ilkom Umri Hadirkan Alnofrizal, Musfialdi dan Dina Sajida


Selasa, 22 Desember 2020 - 13:44:57 WIB
Gelar Webinar Jurnalisme, Hima Ilkom Umri Hadirkan Alnofrizal, Musfialdi dan Dina Sajida Webinar series Hima Ilkom Universitas Muhammadiyah Riau.

RIAUIN.COM - Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau menggelar Webinar Series dengan tema "Jurnalisme di Era Digital". Webinar menghadirkan Alnofrizal MIKom (wartawan), Musfialdi MSi (akademisi) dan Dina Sajida SIKom (broadcaster).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus MSi saat membuka kegiatan webinar mengatakan, perkembangan jurnalisme semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

"Kalau dulu kita hanya mengenal surat kabar, radio, televisi, dan media online. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya digitalisasi, maka terjadi perubahan yang signifikan terhadap dunia jurnalisme kita," kata Jayus saat membuka webinar, Senin (21/12/2020).

Jayus menyampaikan terimakasih kepada para narasumber yang bersedia membagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Umri.

"Oleh sebab itu, berharap seluruh peserta bisa mengikuti Webinar ini dengan seksama dan fokus. Dalami materi yang disampaikan bapak dan ibu narasumber,” ucap Jayus.

Sebelum mendengarkan presentasi tiga narasumber, webinar series kali ini mendapatkan pengantar diskusi dari Wakil Dekan Fikom Umri, Eka Putra MSc.

"Terjadi peningkatan signifikan pengguna internet di Indonesia selama pandemi belakangan ini. Hal ini tentunya berdampak terhadap trafik kunjungan berita online. Seperti apa pengaruhnya, mari kita simak pembentangan bapak ibu narasumber kita. Dan juga seperti apa pula pengaruhnya kehidupan media sosial dengan jurnalisme di era digitalisasi, silakan didiskusikan dalam webinar ini," kata Eka Putra. 

Webinar berlangsung dari pukul 08.00 wib, hingga pukul 12.00 WIB. Webinar ini juga dihadiri secara online oleh Bupati Himpunan Mahasiwa Ilmu Komunikasi Indra Alfarizi dan jajaran pengurus Hima Prodi Ilkom.

Pemateri pertama Alnofrizal menjelaskan besarnya peluang kerja bagi mahasiswa komunikasi di era digitalisasi saat ini. Dalam perkembangannya, media online bergeser ke arah praktis dan ekonomis yang memerlukan wartawan dan editor yang handal.

Pemateri berikutnya Musfialdi memaparkan perkembangan jurnalisme dari zaman ke zaman. Menurutnya, perkembangan jurnalisme disebabkan perkembangan teknologi media. Namun secara prinsip dan ruh, jurnalisme tetap berpihak kepada kebenaran dan kepentingan publik.  

Sementara itu pemateri terakhir Dina Sajida memaparkan peran radio dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Di era digitalisasi dewasa ini pun radio turut berkembang mengikuti teknologi mutakhir. - rls/vie