Sah, Yulisman Pimpinan DPRD Riau


Kamis, 17 Desember 2020 - 12:11:47 WIB
Sah, Yulisman Pimpinan DPRD Riau Pelantikan Yulisman dan Agung Nugroho sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan 2019-2024.

RAIUIN.COM- Tepat sebulan pasca ditunjuknya menjadi ketua DPRD Riau oleh Ketua Umum Golkar,  Airlangga Hartarto,  hari ini, Kamis (17/12/2020) pukul 10.00 wib melalui Sidang Paripurna, Yulisman sah menjadi Ketua DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Anggota DPRD Riau Dapil Inhu - Kuansing ini dilantik menggantikan Indra Gunawan Eet yang mengundurkan diri karena maju di Pilkada Bengkalis, 9 Desember 2020 lalu.

Pelantikan Yulisman sendiri dilaksanakan dalam rapat paripurna agenda Pengucapan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD Riau dari Fraksi Golkar dan Demokrat.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, serta Ketua Pengadilan Tinggi Riau, H Sudarmaji selaku pihak yang memandu pengucapan sumpah.

Dalam sambutan pembukanya,  Pimpinan Sidang membacakan agenda rapat dan menyampaikan terima kasih kepada Indra Gunawan dan Asri Auzar, atas pengabdian yang diberikan selama menjabat sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Provinsi Riau. 

Dalam Tatib DPRD Riau, sebelum memangku jabatan pimpinan DPRD, wajib mengucapkan sumpah janji berdasarkan kepercayaan masing-masing dan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi.

Sebelum pengucapan sumpah dan janji, Sekretaris DPRD Riau Muflihun terlebih dahulu membacakan semua surat putusan yang berkaitan dengan pengangkatan Yulisman sebagai Ketua DPRD Riau.

Ketua Pengadilan Tinggi, Sudarmaji mengingatkan, sumpah yang diucapkan ini mengandung tanggung jawab untuk bangsa dan negara, serta tanggung jawab terhadap tegaknya demokrasi.

"Selain disaksikan diri sendiri dan hadirin, sumpah ini jiga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan maha mendengar dan maha mengetahui.Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan yang maha esa, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan," kata Sudarmaji.

"Saya akan memenuhi kewajiban saya, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan keenntuan perundangan-undangan. Berpedoman Pancasila dan UUD NKRI 1945," ucap Sudarmaji yang diikuti Yulisman dan Agung Nugroho.

Setelah mengucapkan sumpah, Yulisman dan Agung langsung menduduki kursi pimpinan disamping Hardianto.

“Kami ucapkan selamat bertugas, semoga senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, kepada Indra Gunawan Eet dan Asri Auzar sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini,” kata Hardianto.

Pantauan RIAUIN.COM di lapangan,  hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI, Ahmad M.Si, mantan wakil ketua DPRD Riau dari PDI-P yang terpilih menjadi Bupati Pelalawan, Zukri, mantan ketua DPRD Riau,  drh Chaidir, mantan Sekdaprov Riau,  HR Mambang Mit dan sejumlah pejabat tinggi Provinsi Riau. -vie