Verstappen Juarai F1 GP Abu Dhabi, Hamilton Finish Ketiga


Ahad, 13 Desember 2020 - 23:17:28 WIB
Verstappen Juarai F1 GP Abu Dhabi, Hamilton Finish Ketiga Pebalap Red Bull Max Verstappen (Twitter.com/Max33Verstappen)

RIAUIN.COM - Max Verstappen menjadi pemenang pada Formula 1 GP Abu Dhabi, Minggu (13/12/2020) malam WIB, yang menjadi penutup musim Kejuaraan Dunia Formula 1 2020.

Ini merupakan kemenangan ke-10 Max Verstappen sepanjang kariernya di Formula 1. Kemenangan Verstappen memutus rentetan enam kemenangan Mercedes di sirkuit sepanjang 5,554 kilometer tersebut sejak 2014.

Hasil ini terasa spesial bagi Verstappen karena ia sebelumnya belum pernah memimpin satu lap pun di Sirkuit Yas Marina. Namun, sekarang ia memimpin balapan 55 putaran itu dari awal sampai akhir. Max Verstappen pun berhasil mempertahankan tempat pertama dari pole position memasuki lap kedua, pertama kali sepanjang karier ia memimpin balapan di Sirkuit Yas Marina.

Memasuki lap kedelapan, Verstappen memperlebar keunggulan menjadi 2,7 detik atas Bottas. Sementara, Hamilton tak jauh di belakang

Ketiga pebalap ini mulai menemukan jarak dari Alex Albon ( Red bull) di peringkat keempat.

Virtual Safety Car lalu keluar pada lap ke-10 setelah mobil Sergio Perez (Racing Point) mengalami kerusakan mekanik dengan mesin mobilnya langsung mati.

Para pebalap pun masuk pit, Max Verstappen, Lewis Hamilton, Valetteri Bottas, Lando Norris, Alex Albon, dan Carlos Sainz adalah beberapa pebalap yang masuk di tengah VSC.

Mercedes kali ini melakukan pit stop double stack sempurna setelah mereka terselip dengan George Russell akhir pekan lalu.

Dua lap kemudian, VSC tersebut di-upgrade menjadi Safety Car karena mobil Perez berhenti di pinggir lintasan. Safety Car pun masuk pada akhir lap ke-13 dan balapan dimulai lagi

Sementara itu, Verstappen masih aman di depan dengan membuka keunggulan 7,8 detik dari Bottas memasuki lap ke 41. Bottas sendiri unggul 4 detik dari Hamilton di peringkat ketiga.

Charles Leclerc kemudian mendapat bendera hitam-putih setelah ia melewati garis-garis batas lintasan.

Sisa balapan berlangsung tanpa insiden berarti Max Verstappen pun melintasi garis finis di urutan pertama, diikuti oleh Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton
Alex Albon finis peringkat keempat diikuti oleh dua McLaren, Norris dan Sainz.-dan